Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Gembira Loka Zoo Jogja Naik Selama Musim Liburan

Kompas.com - 04/05/2016, 19:51 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen obyek wisata Gembira Loka (GL) Zoo akan menaikkan harga tiket masuk di kawasan kebun binatang di Kota Yogyakarta itu memasuki libur panjang sekolah mulai 1 Mei 2016 hingga Lebaran.

"Naik dari hari biasa Rp 25.000 menjadi Rp 30.000 per orang. Kemungkinan setelah Lebaran harga tiket akan normal kembali," kata Manajer Marketing dan Pengembangan GL Zoo Agnes Armi di Yogyakarta, Sabtu (1/5/2016).

Menurut Armi, kenaikan tarif itu bukan disebabkan biaya komponen operasional kebun binatang yang mengalami lonjakan, melainkan memang kebijakan kenaikan tahunan yang telah terjadwal sebelumnya setiap menjelang libur panjang.

Meski tarif masuk mengalami kenaikan, Agnes tetap optimistis jumlah pengunjung akan mengalami lonjakan signifikan dibanding hari biasa. Rata-rata jumlah pengunjung pada hari biasa mencapai 2.000-3.000 per hari, sementara saat libur akhir pekan dan tanggal merah pengunjung bisa mencapai 9.000 hingga 10.000 sehari.

"Kategori wisatawan yang datang selama libur panjang mendatang kemungkinan akan didominasi rombongan sekolah mulai TK, SD hingga SMA," kata dia.

Agnes mengatakan, selain menyiapkan tarif, tidak ada persiapan khusus lainnya untuk menyambut libur panjang mendatang. Hingga saat ini, menurut dia, manajemen GL Zoo hanya melakukan penataan serta perbaikan sejumlah dekorasi berbagai zona pascatumbangnya sejumlah pohon akibat angin kencang di dalam kebun binatang itu.

"Kami seperti biasa hanya melakukan pembersihan kandang selain melanjutkan penataan akibat peristiwa angin kencang beberapa waktu lalu," kata dia.

Manajemen GL Zoo, menurut dia, masih menjadikan Zona Burung sebagai andalan menggaet wisatawan. Untuk Zona Burung atau "Bird Park" hingga kini memiliki 348 ekor dari 64 jenis burung termasuk pelikan jenis "great white" atau pelikan putih besar dari Afrika Utara dan Tengah yang didatangkan pada akhir 2015. (Antara/Luqman Hakim)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com