Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Tips Agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Kompas.com - 04/05/2016, 21:36 WIB

KOMPAS.com - Liburan panjang, bandara padat dengan penumpang pesawat. Agar Anda tak sampai ketinggalan pesawat, berikut tips yang perlu Anda simak.

Gunakan Layanan Self Check-in

Sebagian besar maskapai penerbangan kini memiliki fasiltas self check-in. Manfaatkan fasilitas tersebut. Maskapai Garuda Indonesia misalnya memiliki layanan ini baik di konter-konter di tempat-tempat tertentu, lewat website, aplikasi mobile, maupun telepon. Hal ini untuk menghindari antrean panjang saat proses check-in.

Check-in Rombongan

Jika Anda pergi dalam rombongan dan rute domestik, namun terpaksa harus check-in di konter bandara, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan.

Pertama adalah kumpulkan terlebih dahulu semua identitas (KTP) dan tiket pesawat (travel itinerary yang dikeluarkan setelah melakukan pembelian).

Bisa saja dalam bentuk fisik, namun agar lebih mudah sebaiknya dalam bentuk digital. Namun pastikan KTP dalam bentuk file scan bukan difoto, agar identitas terlihat jelas.

Biarkan satu orang yang melakukan proses check-in. Lebih baik delegasikan tugas tersebut ke orang yang dipastikan akan datang paling pertama di bandara.

Lakukan check-in di konter group check-in. Sehingga saat semua rombongan sudah tiba, tidak perlu lagi melakukan proses check-in, tinggal mengurus bagasi saja.

Berangkat ke bandara lebih awal

Perjalanan ke bandara sudah pasti macet saat liburan panjang. Jadi cek kondisi cuaca dan lalu lintas. Baiknya datang lebih awal, apalagi jika bandara di kota-kota besar.

Ikuti perkembangan informasi

Penumpang perlu memperhatikan perkembangan informasi yang disampaikan oleh maskapai penerbangan, baik melalui SMS atau email blast.

Ada baiknya penumpang juga bisa menghubungi call center maskapai untuk mendapatkan informasi terbaru. Bisa juga menghubungi Customer Service di bandara setempat.

Barang bawaan dan bagasi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com