Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan "Anti-Mainstream" di Banyuwangi, Lihat Mistisnya Tradisi Sadap Nira

Kompas.com - 05/05/2016, 14:06 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika berencana menghabiskan libur akhir pekan di Banyuwangi, Anda bisa bergabung di Using Culture Festival 2016 yang akan digelar di Desa Banjar, Kecamatan Licin, Kabupaten, Banyuwangi pada Sabtu (7/5/2016).

Pada acara yang mengusung tradisi agraris masyarakat Using tersebut, wisatawan akan melihat tradisi menyadap nira yang dilakukan oleh masyarakat Desa Banjar yang berada di bawah kaki Gunung Ijen.

Samsudin, salah satu panitia Using Culture Festival, Kamis (5/5/2016) menjelaskan saat ini ada sekitar 1000 pohon nira yang ada di Desa Banjar Kecamatan Licin dan masyarakat memiliki tradisi khusus saat akan melakukan penyadapan.

"Saat menyadap mereka akan menyanyikan kidung-kidung serta mantra khusus dan menggunakan pakaian hitam. Jika mereka tidak melakukan hal itu percaya atau tidak, air nira yang akan disadap tidak akan keluar," jelas Samsudin.

Festival akan diawali dengan trekking mengelilingi Desa Banjar lalu menyaksikan masyarakat yang menyadap nira serta melihat pagelaran sendratari Legenda Sadap Nira. Selain itu, wisatawan juga akan diajak untuk memasak nira dan mengolahnya menjadi berbagai makanan manis.

"Kalau di Desa Banjar, masyarakat biasanya menikmati sebagai pelengkap minum kopi pahit. Tidak dicampur tapi digigit," jelasnya.

Samsudin menjelaskan pada Using Culture Festival semua orang boleh hadir termasuk pada puncak acara pada malam hari yang akan menampilkan kolaborasi musik jazz dan kuntulan, musik tradisional masyarakat Using.

"Acara ini gratis tidak dipungut biaya semua boleh datang. Kami terbuka untuk semua wisawatan atau pengunjung yang berencana mehabiskan libur akhir pekan di Banyuwangi," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com