Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Panjang Hotel di Pulau Sabang Penuh, Coba Cari "Home Stay"

Kompas.com - 06/05/2016, 10:06 WIB

SABANG, KOMPAS.com - Libur panjang di akhir pekan, tingkat kunjungan wisatawan di Kota Sabang melonjak drastis, sehingga hotel di pulau paling ujung barat Indonesia itu penuh.

General Manager Hotel Sabang Guete House, T Septa Syahriza di Sabang Kamis (5/5/2016) mengatakan, libur panjang hingga Minggu (9/5/2016) sangat terasa ketika kunjungan wisatawan ke Pulau Weh meningkat, sehingga hotel yang ia kelola sudah dipesan jauh-jauh hari.

"Kita hanya ada 12 kamar dan semua sudah penuh, dominan wisatawan yang memesan kamar tersebut berasal dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat," katanya.

Syahriza yang biasa disapa Popon juga mengaku, meski hotel yang dirinya kelola sudah penuh, namun masih banyak wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) yang memesankan kamar melalui telepon.

"Banyak tamu memesankan kamar melalui telepon, tapi saya tidak menolaknya dan menawarkan kepada tamu tersebut kepada hotel lainnya serta home stay," akuinya.

Kemudian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati mengatakan, informasi yang diperoleh semua hotel di Sabang sudah penuh, pihaknya menawarkan kepada tamu untuk bermalam di home stay.

"Meskipun hotel sudah pada penuh semua, tapi masih ada penginapan warga jenis home stay yang siap melayani para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh," ujarnya.

Dia menambahkan, libur panjang sangat terasa peningkatan kunjungan wisatawan ke Sabang yang didominasi dari Sumut.

"Data yang kita peroleh wisatawan yang berlibur ke Sabang banyak dari Medan, dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia, termasuk Jakarta," tuturnya.

Lanjutnya, untuk saat ini di Sabang belum memiliki hotel berbintang, yang ada hotel non bintang, cottage, bungalow, dan home stay.

"Meski hotel-hotel non bintang, tapi semua penginapan itu dipastikan sesuai dengan standar. Kita juga sudah mengimbau kepada warga Pulau Weh yang memiliki kamar-kamar kosong dapat menjualnya kepada para wisatawan," katanya.

Dia juga menjelaskan, fasilitas penginapan yang ada di Sabang terdiri dari 7 hotel, 6 resor, 4 guest house, 16 bungalow, 30 home stay, 3 losmen, 2 mess, 3 cottage 3 dan 5 wisma.

"Semua data penginapan tersebut hasil rekapitulasi tahun 2014, kalau sekarang jumlah hotel dan sejenisnya diperkirakan tidak kurang dari 100 unit, dan secara keseluruhan jumlah penginapan kamarnya tidak kurang dari 700 buah," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com