Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kuliner Wajib Coba di Makassar

Kompas.com - 06/05/2016, 15:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Liburan ke destinasi wisata tak hanya urusan mata melihat pemandangan alam yang eksotis atau takjub dengan budaya lokal. Urusan perut juga bisa menjadi patokan untuk keasyikan saat berwisata.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan kuliner adalah Makassar. Beragam rasa mulai dari gurih asin hingga manis bisa Anda cicipi saat berada di Kota Angin Mamiri itu.

Berikut lima kuliner khas Makassar yang KompasTravel himpun untuk referensi Anda saat berwisata kuliner di Makassar.

Palubasa

Salah satu kuliner Makassar yang terkenal adalah Palubasa. Semangkuk daging sapi dengan kuah kaldu yang berwarna coklat dengan campuran parutan kelapa siap menggoda lidah untuk mencicipi.

Tambahkan jeruk nipis dan sambal cair agar paduan rasa gurih, asam, asin, dan pedas berhasil menggocek lidah. Kalau masih kurang, Anda bisa meminta untuk menambahkan telur mentah untuk dicampur dengan Palubasa.

Salah satu tempat yang menyediakan Palubasa adalah Kedai Palbas Serigala. Harga semangkuk Palubasa ditawarkan mulai dari Rp 20.000. Jika ingin menggunakan telur, tambahkan Rp 3.000.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Coto.
Coto Makassar

Ini dia yang juga tak boleh ketinggalan saat pergi ke Makassar. kuliner tradisional daerah Sulawesi Selatan yang berisi potongan-potongan jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama.

Potongan-potongan jeroan dengan daging sapi diiris-iris kemudian dibumbui dengan racikan khusus. Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat. Anda bisa menemukan kuliner ini di sepanjang Jalan Sultan Hassanuddin, Makassar

Pisang Epe dan Sarabba

Di dekat Anjungan Pantai Losari, Anda dapat mencicipi salah satu kuliner khas Makassar yaitu Pisang Epe beserta teman menyantapnya yaitu sarabba. Anda bisa menikmati Pisang Epe panggang dengan pilihan saus seperti gula merah, durian, cokelat, dan keju.

Ketika masih panas, Pisang Epe cocok disantap dengan sarabba. Sarabba merupakan minuman hangat khas Makassar yang juga berguna meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, mengatasi perut kembung, dan mengobati influenza.

Berbahan dasar gula merah, jahe, santan, susu, garam, merica, biji pala, dan kayu manis, minuman ini dapat Anda coba ketika berada di Kota Makassar. Untuk menikmati kedua kuliner tersebut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

Wahyu Adityo Prodjo Menyantap seporsi kuliner pisang epe dengan baluran saus gula merah rasa durian di pinggir Anjungan Pantai Losari, Rabu, (11/02/2015).
Sop Konro

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com