Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Belanja Oleh-oleh, Perhatikan Hal Ini Dulu

Kompas.com - 08/05/2016, 16:02 WIB

SEBENARNYA, membelikan oleh-oleh sepulang liburan, bukan suatu hal yang wajib. Namun, karena sudah membudaya, hal itu tentu tak bisa diabaikan begitu saja. Tapi, membeli oleh-oleh juga ada seninya.

Begitu memutuskan untuk membeli oleh-oleh, tentu ada banyak pilihan di kepala Anda. Apakah itu berbaentuk makanan, benda, atau dari jenis fesyen. Yang tak bisa diabaikan begitu saja, oleh-oleh, apapun jenisnya, tentu lebih baik yang merupakan khas dari daerah yang Anda kunjungi. Makanya, Anda sangat butuh tips cermat membeli oleh-oleh saat traveling.

Jika memutuskan untuk membeli oleh-oleh dalam bentuk makanan, jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa makanan itu. Akan sia-sia jika makanan yang Anda bawa, begitu sampai di rumah, sudah kedaluwarsa.

Begitu pun ketika membeli oleh-oleh dalam bentuk benda. Anda tetap harus teliti saat membelinya. Apalagi membeli dalam jumlah yang banyak, biasanya akan membuat Anda sedikit abai melihat satu per satu.

Oleh-oleh dalam bentuk barang ini, memang lebih banyak variasinya, mulai dari gantungan tas, magnet kulkas, gunting kuku, kartu pos hingga dompet koin. Biasanya, penampilan benda-benda itu juga lebih menarik.

Lalu, bagaimana tips cermat membeli oleh-oleh produk fesyen atau barang-barang mode?

Misalnya kaos, syal, atau koleksi brand ternama yang sedang diskon, yang diperlukan hanyalah budget yang lebih besar. Ya, belanja produk fesyen memang membutuhkan dana yang lumayan banyak.

Kalau sudah punya sederet oleh-oleh yang akan dibeli, jangan lupa juga untuk memperhatikan tips berbelanja oleh-oleh, berikut:

Bikin Daftar

Buat daftar orang-orang yang akan Anda bawakan oleh-oleh. Gunanya agar Anda membeli oleh-oleh sesuai dengan jumlah orang yang ingin Anda berikan.

Perhatikan Pengemasan

Usahakan membeli oleh-oleh yang tidak memakan banyak tempat banyak. Jika menggunakan pesawat, jangan sampai membuat kuota bagasi bertambah. Itu artinya perlu tambahan biaya lagi.

Cari informasi

Sebelum berangkat, cari informasi mengenai pasar-pasar tradisional yang menyediakan oleh-oleh. Kalau sudah terlanjur berada di tujuan, mintalah rekomendasi tempat oleh-oleh dari pihak hotel.

Kalkulator

Kalau pergi keluar negeri, siapkan kalkulator karena tidak semua pedadang di sana bisa berbahasa Inggris. Transaksi akan lebih lancar jika kita tinggal menunjukkan nominal di kalkulator.

Trik Menawar

Usahakan selalu menawar barang-barang yang akan dibeli. Jika traveling dengan agen perjalanan, mintalah bantuan pemandu wisatanya untuk menawarkan harga untuk Anda.

Nah, semoga dengan tips membeli oleh-oleh saat traveling tadi, acara berburu oleh-oleh bukan lagi menjaid suatu hal yang merepotkan, ya. (Sri Isnaeni/TabloidNOVA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com