Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Snorkeling" Air Tawar Serasa di Laut, Apa Bisa?

Kompas.com - 09/05/2016, 14:39 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com – Bagi penggemar dunia bawah laut, olahraga selam dan snorkeling—menyelam di air dangkal—menjadi kegiatan yang dapat membuat kecanduan. Namun, apakah aktivitas ini hanya bisa dinikmati di lautan?

Ya, laut lepas memang bagaikan dunia baru penuh rahasia dan tak akan habis diselami. Ketika di hadapannya, hamparan permadani biru membentang sejauh mata Anda memandang.

Itu baru permukaannya saja. Berbekal alat bantuan napas dan kaki katak, hamparan luas terumbu karang serta warna-warni ikan kecil yang berenang dan bersembunyi di baliknya dapat dinikmati sesuka hati.

Namun, menyelam dan melihat pesona bahari tak melulu harus di laut. Jalan sedikit dari Yogyakarta ke Kecamatan Polah Harjo, Klaten, Jawa Tengah, Anda akan menemukan pengalaman jelajah bawah air yang berbeda dari biasa.

Destinasi ini bernama Umbul Ponggok. Sekilas, tempat ini tampak seperti kolam renang umum biasa. Namun, di sini airnya tidak keruh, berbau amis, atau mengandung kaporit, karena bersumber mata air yang terus mengalir.

Waktu bersantai Anda pun akan dimanjakan kerimbunan pohon gayam sebagai pelindung dari sinar matahari. Tak usah berlama-lama di darat.

Begitu datang, Anda sebaiknya langsung buktikan sendiri pemandangan keunikan bawah air di Umbul Ponggok. Variasi ragam ikan sungai, seperti nila, mujair, sepat, serta ikan mas, lincah menyambut penyelam di antara bebatuan alam yang menghiasi air nan biru itu.

Eksplorasi fotografi

Satu perbedaan mencolok antara Umbul Ponggok dan laut adalah keberadaan kursi, vespa, dan bahkan sepeda motor ninja yang tertanam di dasar umbul ini. Pengelola memang melengkapi kolamnya dengan berbagai hiasan unik agar pengunjung dapat maksimal merasakan pengalaman berfoto bawah air.

Tak hanya jadi tujuan tetirah wisatawan biasa, tempat ini pun sering dijadikan lokasi pre-wedding underwater oleh pasangan calon pengantin. Selain itu, kolam yang tenang membuat Umbul Ponggok menjadi kawasan ramah bagi orang-orang tanpa keahlian renang.

Anda cukup kumpulkan sedikit keberanian untuk mengambil gambar mengambang sedikit di bawah permukaan air. Tenang saja, kolam ini tidak begitu dalam—sekitar 1,5 meter sampai 2,5 meter—sehingga terbilang cukup aman.

Thinkstock Eksplorasi lebih jauh pun bisa Anda lakukan dengan berfoto di kedalaman bersama kumpulan ikan di bawah air.

Eksplorasi lebih jauh pun bisa Anda lakukan dengan berfoto di kedalaman bersama kumpulan ikan di bawah air. Jika berani ke dasar kolam, Anda dapat saja seolah tengah bersantai duduk di kursi, atau bergaya dengan motor dan berbagai properti foto lain yang tersedia.

Pengelola Umbul Ponggok menyediakan penyewaan kamera dengan biaya tak begitu mahal, Rp 60.000 per setengah jam dan Rp 100.000 per jam, setidaknya tarif sampai akhir tahun lalu. Jasa fotografer mandiri juga bisa Anda dapatkan untuk mengabadikan waktu bersama kerabat di sana.

Atau, tidak ada salahnya juga menjajal fotografi air tawar ini memakai peranti sendiri. Kenapa tidak? Saat ini, memotret di bawah air sudah mudah dilakukan dengan ponsel.

Anda cukup pastikan bahwa gawai dilengkapi sertifikasi IP68, yaitu sistem rating untuk memastikan perangkat memiliki spesifikasi tahan air dan tahan debu, seperti pada Samsung Galaxy S7. Dengan teknologi ini, ponsel mampu mengambil gambar hingga kedalaman air lebih dari 1,5 meter selama 30 menit.

Untuk mendapatkan foto terbaik, Anda bisa datang pada pagi hari mulai pukul 07.00 sampai 09.00 WIB, atau sore hari pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Waktu ini disarankan karena kondisi air akan lebih jernih serta menghindari ramainya pengunjung pada siang hari.

Tertantang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com