Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Padati Festival Jepang Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 14/05/2016, 15:35 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

kJAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung memadati festival kebudayaan jepang terbesar di Indonesia, Ennichisai 2016. Festival yang digelar mulai hari ini, Sabtu (14/5/2016) akan berlangsung hingga esok hari dan diselenggarakan pada pukul 11.00-22.00 WIB.

Acara dibuka oleh ketua penyelenggara Ennichisai Daisei Takeya, bersama berbagai perwakilan dari duta besar Jepang dan perwakilan pemerintahan setempat mulai pukul 12.20 WIB. Ribuan orang telah memenuhi jalanan sekitar kompleks perbelanjaan Blok M Square.

Parade kontes Yosakoi pun kembali membuka festival tersebut sama seperti gelaran tahun sebelumnya. Parade Yosakoi merupakan ciri khas festival budaya ini sejak 2010. Puluhan peserta dari satu tim menari Kochi Yosakoi dengan lagu yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Peserta tersebut diminta tampil di arena parade sepanjang 70 meter dan diakhiri penampilan tarian di atas panggung utama yang diikuti oleh lima tim yang berasal dari perwakilan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Peserta merupakan komunitas pecinta kebudayaan Jepang yang berasal dari sekolah-sekolah maupun gabungan. Di antaranya ialah tim Kamakashi dari SMKN 5 Bekasi, tim Himawari dari UHAMKA, Sasori Odori dari Unversitas Pakuan Bogor, dan yang lainnya.

Kompas.com/Irzal Adiakurnia Pengunjung Ennichisai 2016
Sementara pemenangnya jatuh kepada tim Asobu dari UNSADA, dengan nilai 192. Selain parade, pengunjung pun berkerumun di ratusan stan yang menjajakan berbagai kuliner dan suvenir khas Jepang. Seperti matcha, kakigori immochi, dan masih banyak lagi.

Berbagai suvenir mulai gantungan kuci karakter anime hingga koostum cosplay pun dijual dengan diskon yang menggiurkan. Festival Ennichisai tahun ini memng diselenggarakan lebih meriah dari sebelumnya.

Dengan total stan yang semakin banyak dan penampilan musisi dan kebudayaan yang tersebar di dua panggung. Masing-masing panggung terletak di depan Plaza Blok M square.

Tak jarang pengunjung yang datang menggunakan kostum untuk mengikuti Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP), seperti Alfin (25) dan Putri (20) yag berasal dari Jakarta. Mereka masing-masing menggunakan kostum favoritnya yaitu, karakter Ookurikara dari permainan online Touken Ranbu untuk Alvin. Lalu Puti sendiri memakai karakter Ciel Phantomhive dari serial anime Black Butler.

"Datang ke sini menyenangkan, bisa kumpul-kumpul sama pecinta anime, cosplay, dan game Jepang," ujar Alfin kepada KompasTravel di arena Enncihisai, Sabtu (14/5/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com