Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kuliner Jepang Wajib Coba di Festival Ennichisai Jakarta

Kompas.com - 15/05/2016, 10:00 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Ennichisai kembali di gelar di Jakarta. Festival yang merupakan kali ketujuh ini diselenggarakan mulai pada 14-15 Mei 2016.

Lokasinya di Pelataran Blok M Square, tahun ini festival kebudayaan Jepang terbesar di Indonesia tersebut digelar lebih meriah dari sebelumnya. Tahun ini, festival tersebut menyediakan lebih dari 150 stan di sepanjang area festival.

Ratusan stan tersebut berisikan pernak-pernik, suvenir, dan tentunya berbagai kudapan khas Jepang yang sudah familiar dengan lidah orang Indonesia. Mulai dari takoyaki yang populer di kalangan anak muda, udon, ramen, hingga sake, minuman fermentasi tradisional Jepang.

Jika berkunjung ke Festival Enninchisai ini hidung Anda akan dimanjakan dengan wanginya berbagai masakan berbahan dasar hewan laut. Hidangan khas Jepang memang identik dengan hewan-hewan laut seperti ikan, gurita, dan cumi-cumi.

Asap pun mengepul di jalanan seolah menarik pengunjung untuk mampir dan mencicipi lezatnya racikan bumbu Jepang tersebut.

Dari pengamatan KompasTravel berbagai kudapan tersebut dijual dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 10.000 untuk takoyaki isi empat, hingga Rp 50.000 untuk sebotol sake. KompasTravel pun mencoba berbagai hidangan yang menggugah selera tersebut, di antaranya Yakitori dan Matcha.

Selain itu masih banyak lagi jenis lainnya, berikut KompasTravel rangkum berbagai jajanan Jepang yang bisa Anda dapatkan bersama dengan harganya.

Takoyaki, jajanan khas Jepang berbentuk bola ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan muda di Indonesia. Anda dapat membeli berbagai varian rasa di acara ini, seperti octopus cheese, chilli octopus, ataupun hanya keju. Untuk satu porsinya dihargai Rp 10.000 – Rp 15.000 isi empat, Rp 18.000 untuk isi enam.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Sate Jepang Yakitori yang di jajakan di sekitar Blok M Square memiliki tiga pilihan daging, yaitu daging ayam, sapi, dan pork atau babi.
Taiyaki, kue bertekstur seperti waffle yang dibentuk seperti ikan, dan berisikan aneka rasa. Di Enninchisai 2016 banyak yang menjual kue tersebut dengan varian isi mulai kacang merah, coklat, hingga keju, dengan harga Rp 15.000.

Ramen pun tak ketinggalan, seperti jigoku dan shoyu ramen seharga Rp 35.000. Jigoku sendiri merupakan ramen yang menggunakan bumbu pedas, sedangkan shoyu lebih terasa asin dan manis.

Yakimeshi patut dicoba yaitu semacam nasi goreng dengan bumbu Jepang seharga Rp 10.000.

Yakisoba, yang merupakan mi goreng dengan bumbu dan toping seafood ala Jepang seharga Rp 30.000.

Modayaki, sejenis pizza yang terbuat dari adonan telur bercampur dengan smoked beef, keju, kepiting, gurita, dan sayur-sayuran seperti wortel dan kol, seharga Rp 35.000.

Ika Suga tayaki, merupakan hidangan berbahan cumi-cumi segar berukuran 15 centimeter yang langsung dibakar, setelah itu direndam menggunakan saus kare.

Kani Kurimu Korokke atau semacam risoles di Indonesia, berukuran kecil sebesar sosis solo dengan isi daging kepiting dan adonan kentang dilapis serbuk roti.

Matcha bisa jadi penghilang dahaga. Matcha dijual mulai dari Rp 5.000 unuk original, hingga Rp 15.000 dengan campuran susu.

Kakigouri sebagai penutup makanan. Hidangan ini adalah es campur tradisional Jepang. Serutan es yang menggunung diberi berbagai sirup aneka rasa, dan dilumuri susu putih kental manis sebagai penutup taburannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com