Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Harga Tiket Pesawat Termahal di Dunia, Rp 506 Juta Sekali Jalan

Kompas.com - 16/05/2016, 09:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

MUMBAI, KOMPAS.com - Entah siapa yang rela mengeluarkan 38.000 dolar AS (sekitar Rp 506 juta) untuk naik pesawat sekali jalan. Namun dengan harga selangit itu, Anda bisa menikmati kabin The Residence yang super mewah milik Etihad.

"Penthouse in the Sky", begitu julukan kabin The Residence dari Etihad. Bayangkan saja, kabin ini terdiri dari tiga ruangan lengkap dengan pelayan dan koki pribadi. Ada ruang tidur, ruang santai, dan kamar mandi lengkap dengan shower.

The Residence adalah kabin pesawat tiga kamar pertama di dunia. Di ruang santai terdapat televisi LCD 32 inci, sofa berbalut kulit, serta meja makan. Di kabin ini, penumpang bisa beristirahat di tempat tidur double bed, dengan televisi layar datar ukuran 27 inci terpampang di dinding.

Kabin ini hanya ada di armada A380-800 milik Etihad. Dengan kemewahan tersebut, tak heran harga tiket kabin The Residence pun selangit. Rute dengan harga termahal adalah New York-Abu Dhabi dengan harga 38.000 dolar AS (sekitar Rp 506.730.000) sekali jalan. Kalau Anda terbang PP, harganya menjadi 72.000 dolar AS (sekitar Rp 920.120.000).

Etihad Airways Tempat tidur di The Residence di maskapai Etihad
Seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, sebelumnya The Residence tersedia di penerbangan Etihad rute New York-Abu Dhabi yang beroperasi sejak Desember tahun lalu. Namun kini kabin mewah tersebut juga terdapat di penerbangan lanjutan Abu Dhabi-Mumbai yang beroperasi mulai 8 Mei 2016 yang lalu.

Armada A380-800 milik Etihad memiliki kapasitas mencapai 500 penumpang, termasuk 415 penumpang kelas ekonomi. Jika dihitung dengan waktu transit di Abu Dhabi, penerbangan antara Bandara Internasional John F Kennedy (New York) dengan Chhattrapati Shivaji International Airport (Mumbai) berkisar antara 19-21 jam.

 Dengan harga selangit tersebut, penumpang mendapatkan fasilitas antar jemput di bandara, fasilitas check-in pribadi, lounge pribadi, juga asisten perjalanan pribadi yang bisa melakukan berbagai hal termasuk mencarikan tiket konser atau acara olahraga.

Selain New York, The Residence juga tersedia pada rute Abu Dhabi menuju London dan Sydney. Rute penerbangan dari dan menuju Melbourne akan mulai beroperasi 1 Juni 2016 mendatang. Harga tiket London-Mumbai adalah 26.000 dolar AS (sekitar Rp 346.710.000) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com