Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tempat Wisata Menarik di Den Haag

Kompas.com - 18/05/2016, 19:08 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

DEN HAAG, KOMPAS.com - Meskipun merupakan sebuah negara kecil di Eropa, Belanda memiliki banyak kota wisata dan sejarah yang tidak akan pernah cukup dijelajahi dalam satu hari.

The Hague atau Den Haag menjadi salah satu kota yang KompasTravel kunjungi selama berada di Belanda. Kota dengan populasi sekitar 500 ribu jiwa ini hanya berjarak sekitar 56 kilometer dari Utrecht.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Kanal di kota Den Haag, Belanda.
"Den Haag adalah kota pemerintahan, di sinilah segala peraturan dan keputusan dibuat. Di sini juga kantor kementerian  berada. Hari ini saya akan memandu kalian semua melihat sejumlah tempat penting di kota ini," Kata RemcoDorr, pemandu wisata kami.

Kami lalu diajak berjalan kaki menuju sejumlah lokasi seperti Palace Noordeinde dan tur ke The Royal Picture Gallery Mauritshuis.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Pengunjung melihat lukisan di The Royal Picture Gallery Mauritshuis, Den Haag, Belanda.
Galeri ini menyimpan sejumlah koleksi berharga karya pelukis ternama seperti Vermeer, Rembrandt hingga Jan Steen. Lalu ada juga Lange Voorhout, sebuah jalan yang ditumbuhi pepohonan.

"Setiap tempat selalu memiliki ceritanya, seperti restoran di sebelah kanan kita ini, Restoran Garoeda," kata RemcoDorr sambil melihat ke arah jurnalis asal Indonesia.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Restoran Garoeda, salah satu restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia di kota Den Haag, Belanda.
Restoran Garoeda merupakan salah satu restoran otentik di daerah city center di The Hague yang menyajikan masakan Indonesia. Sayangnya kami tidak sempat masuk ke sana karena mengikuti jadwal tur.

Setelah berkeliling jalan kaki, kami lalu di ajak menuju Madurodam, sebuah tempat yang menyajikan kota-kota di Belanda dengan ukuran 25 kali lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Taman miniatur kota Belanda, Madurodam. Taman ini berada di Denhaag dan menyajikan miniatur kota Belanda dengan ukuran 25 kali lebih kecil.
Pengunjung bisa melihat miniatur kincir angin, Bandara Schiphol, lajur kereta cepat, bangunan-bangunan sejarah hingga pelabuhan.

"Sejumlah bangunan penting di Belanda bisa Anda temui miniaturnya di Madurodam. Ini seperti menjelajah Belanda kurang dari sehari," kata Sandra, pemandu di Mandurodam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com