Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyeberang ke Lombok dari Bali Via Laut? Perhatikan 4 Hal Ini

Kompas.com - 19/05/2016, 07:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

PADANGBAI, KOMPAS.com - Bosan liburan di Pulau Dewata, mengapa tidak menyeberang ke pulau eksotis sebelahnya: Lombok. Transportasi paling populer tentu saja kapal ferry, dengan lama perjalanan 4-6 jam. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang Bali-Lombok.

Penyeberangan ini menghubungkan Pelabuhan Padang Bai (Bali) dengan Pelabuhan Lembar (Lombok). Dengan jarak 38 mil laut, penyeberangan lewat Selat Lombok ini memakan waktu sekitar 4-6 jam. Lebih lama dari Merak-Bakauheni (Jawa-Lampung) atau Ketapang-Gilimanuk (Jawa-Bali). Sebelum menyeberang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan

Pertama adalah transportasi menuju Padang Bai. Transportasi umum jadi salah satu kendala utama traveling di Pulau Dewata. Selain menyewa mobil atau motor, Anda harus cermat mencari kendaraan umum menuju Pelabuhan Padang Bai.

Kendaraan umum berupa mini bus bisa ditemukan di Terminal Ubung (Denpasar) dan shuttle bus dari beberapa titik di Pulau Bali. Mini bus dari Terminal Ubung harganya berkisar Rp 40.000-60.000 per orang.

Salah satu shuttle bus yang menyediakan transportasi menuju Padang Bai adalah Perama.  Anda bisa berangkat dari Kuta, Ubud, Sanur dan Lovina. Harga per orang dari Kuta-Padang Bai adalah Rp 60.000 per orang. Shuttle bus ini berangkat dari Kuta pukul 06.00, 10.00, 13.30, dan 16.30 WIB.

Sasri/Kompas.com Menyeberang selat Lombok dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat ke Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali.
Kedua yang perlu diperhatikan adalah kapal ferry. Kapal antar kedua pelabuhan beroperasi 24 jam. Kapal berangkat sekali tiap satu jam, dengan harga tiket yang sama.

Untuk pejalan kaki (perorangan) harga tiketnya Rp 44.000, sementara anak-anak Rp 29.000. Anda yang membawa sepeda motor dikenai harga Rp 123.000, sementara mobil Rp 790.000 sudah termasuk berapa pun jumlah orang di dalamnya.

Kapal ferry yang beroperasi dari Bali-Lombok dan sebaliknya tergolong tidak terlalu besar. Biasanya kapal terdiri dari 3 dek: untuk parkir mobil di paling bawah, dek penumpang satu lantai di atasnya, kemudian ruangan nahkoda dan dek luar di lantai paling atas.

Di dalam kapal terdapat tempat duduk indoor lengkap dengan televisi, tempat duduk outdoor, kamar mandi dan musala, serta kantin atau warung.

Ketiga perlu diperhatikan, ombak di Selat Lombok seringkali besar. Ada baiknya Anda membawa obat anti mabuk untuk berjaga-jaga, dan jangan lupa mengisi perut sebelum kapal berangkat.

Keempat adalah transportasi dari Pelabuhan Lembar. Tersedia angkutan umum menuju Terminal Mandalika (Mataram) dengan harga Rp 15.000-20.000 per orang. Jika ingin langsung menuju Senggigi, Anda harus melanjutkan perjalanan dari Terminal Mandalika ke Terminal Ampenan (Rp 5.000) kemudian lanjut ke Senggigi (Rp 5.000).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com