Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Kuliner Indonesia di Negeri Sakura

Kompas.com - 19/05/2016, 13:03 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Duduk di kursi bersandaran rotan sambil mendengarkan alunan musik khas daerah Sunda ataupun Bali, serta mencecap gurihnya kuah soto ayam lamongan akan terasa biasa jika dilakukan di Indonesia. Rasanya tentu akan berbeda jika itu semua terjadi di belahan lain dunia ini, misalnya di "Negeri Sakura", Jepang.

Ya, jejak rasa masakan Nusantara dengan sejuta nikmatnya itu serasa membawa kenangan ke negara dengan 17.000 pulau bernama Indonesia. Itu pula yang terjadi di Restoran Cabe di Shinagawa, Tokyo, Rabu (18/5/2016) malam.

KompasTravel hadir di sana untuk melihat lebih dekat promosi Wonderful Indonesia oleh Kementerian Pariwisata RI di Jepang, khususnya di bidang kuliner.

Rumah makan ini didirikan oleh warga negara Jepang, Masaki Ohira. Awalnya restoran ini berupa warung di Musashi Koyama, Tokyo, lalu pindah ke Meguro di kota yang sama.

Baru sebulan ini restoran itu pindah ke Shinagawa, menggantikan tempat restoran Indonesia bernama Sederhana yang sudah puluhan tahun berdiri. Letaknya hanya 400 meter dari gedung Kedutaan Besar RI di Tokyo.

Ciri khas Indonesia tampak di seisi ruangan restoran berukuran kurang lebih 8x10 meter tersebut. Di pintu masuk restoran, pengunjung disambut dengan pernak-pernik khas Negeri Zamrud Khatulistiwa, seperti angklung, wayang, bungkus rokok kretek, dan kaleng kerupuk.

Restoran ini juga menyediakan tempat wudhu dan ruang khusus untuk shalat bagi pengunjung Muslim.

Hampir semua masakan khas Nusantara ada di tempat ini, mulai dari lumpia, acar, gado-gado, sate, aneka sup, mi, lumpia hingga hidangan penutup macam bubur kacang hijau atau ketan hitam.

Harga termurah di kisaran 200 yen atau sekitar Rp 25.000, belum termasuk pajak, untuk makanan kecil seperti tempe mendoan, krupuk udang, dan emping, hingga 1.200 yen atau Rp 145.000 untuk rendang sapi.

Menu lain seperti opor ayam, sambal goreng udang, soto ayam atau babat, tahu telur, terong balado, gulai dan tongseng kambing, siomay, hingga bubur kacang hijau dan pisang molen.

Untuk menjaga rasa masakan seperti asli Indonesia, sebagian bumbu dan bahan makanan di restoran ini didatangkan langsung dari Indonesia. Sebutlah kecap, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, gula merah, hingga cabai hijau.

"Rasanya beda jika dibanding (menggunakan bahan dari) sini," kata Ohira kepada KompasTravel tentang alasannya menggunakan bahan-bahan impor itu.

Ohira menyerahkan urusan meracik bumbu hingga resep makanan kepada seorang koki asal Malang, Jawa Timur. Maka tak heran jika rasa makanannya sama dengan menu serupa dari Indonesia. Ohira dan istrinya, Aki, ikut membantu memasak dan menyiapkan hidangan bersama dua pegawai lain.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Masaki Ohira dan istrinya, Aki, pemilik Restoran Cabe di Shinagawa, Tokyo, Jepang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com