Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fremantle Yacht Rally 2017 Akan Mampir ke Banyuwangi

Kompas.com - 20/05/2016, 13:07 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Agenda dua tahunan yang diikuti puluhan kapal layar (yacht) yang tergabung dalam Fremantle Sailing Club di Australia Barat direncanakan berlabuh di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2017.

Rombongan ajang bergengsi tersebut akan berangkat dari Australia Barat pada 22 Mei 2017. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel, Kamis (19/5/2016), menjelaskan berlabuhnya puluhan kapal layar tersebut seiring dengan pembangunan dermaga kapal pesiar atau marina di kawasan Pantai Boom, Banyuwangi.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, menurut Anas, sudah melakukan pertemuan dengan Konsulat Jenderal RI di Perth Australia yang datang ke Banyuwangi beberapa hari yang lalu.

"Pastinya dengan ajang bergengsi ini memberikan dampak promosi positif bagi Banyuwangi karena ratusan wisatawan asing akan menghabiskan waktunya beberapa malam di Banyuwangi," jelasnya.

Fremantle Yacht Rally adalah ajang tur kapal layar bersejarah yang digelar pertama kali pada 1981. Fremantle sendiri merupakan sebuah kota di pantai barat Australia, hanya sekitar 19 kilometer barat daya dari Central Business District, Perth.

Bupati Anas menjelaskan akan ada sekitar 60 kapal layar yang akan ikut dan setiap kapal akan diisi sekitar 5 orang. "Biasanya nanti ada keluarga yang menyusul menggunakan pesawat. Estimasi sekitar 600 orang yang akan berkunjung ke Banyuwangi dan tinggal sekitar dua minggu di sini," ungkapnya.

ARYA DARU PANGAYUNAN Pemandangan dari Fremantle, Perth, Australia.
Sementara itu Direktur Utama Pelindo Properti Indonesia (PPI) Prasetyo menjelaskan, marina yang menjadi infrastruktur inti dalam tur kapal layar Fremantle tersebut ditargetkan selesai pada Februari 2017.

Sedangkan untuk pelabuhan masih menunggu hasil studi oceanografi dan Amdal yang dalam 3 bulan ke depan akan selesai. "Jadi, saat ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur di darat," terang Prasetyo.

PPI adalah anak perusahaan BUMN pelabuhan PT Pelindo III yang diberi tugas untuk mengerjakan pembangunan dermaga kapal pesiar di Pantai Boom. Marina yang rencananya akan diberi nama Gili Wangi itu juga akan menjadi marina pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan pariwisata bahari.

Selain itu pelabuhan marina di Banyuwangi ini digadang-gadang untuk menjadi marina terbesar di Indonesia. "Untuk VIP akan bisa menampung 40 yacht, sedangkan untuk umum bisa sampai 300 yacht. Pelabuhan ini akan dilengkapi dengan technopark. Kita kebut terus," jelas Prasetyo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com