Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2016, 09:00 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, para penggila buah durian di area Tangerang dan sekitarnya bisa mengunjungi Pesta Durian di Summarecon Mal Serpong (SMS), Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Jenis durian dari beberapa daerah di Jawa Timur siap hadir meramaikan pesta durian di kawasan Tangerang tersebut. Acara yang bertajuk “Pesta Durian” itu menjanjikan buah durian dengan kualitas terjamin atau istilahnya matang pohon atau jatuhan.

Seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, acara ini akan diselenggarakan di area Salsa Food City, Summarecon Mal Serpong (SMS) pada tanggal 20 Mei hingga 29 Mei 2016. Selama 10 hari, pengunjung SMS dapat berburu buah yang hanya panen di musim tertentu ini.

Acara dibuka mulai pukul 10.00-22.00 WIB pada hari Senin-Jumat dan hingga pukul 01.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

Pesta buah berduri tersebut akan diramaikan oleh pedagang durian dari delapan daerah yaitu Banjarnegara, Wonosobo, Denpasar (Bali), Banyuwangi, Trenggalek, Jombang, Jember dan Pasuruan.

Daerah-daerah ini terkenal menjadi produsen durian dengan rasa variatif mulai dari durian merah atau durian abang dari Banyuwangi yang manis dengan daging tebal atau durian dari Wonosobo dengan daging berwarna kuning yang manis pahit.

Pengunjung dapat membeli berbagai jenis durian yang ditawarkan dengan sistem kiloan yaitu Rp 90.000 hingga Rp 120.000 untuk setiap satu kilogram durian super.

Selama Pesta Durian berlangsung akan digelar kontes bagi para penjual dari tiap daerah untuk merebutkan gelar durian terenak. Setiap durian dari tiap penjual akan dicicipi oleh para juri yang merupakan pakar dari Komunitas Pencinta Durian Indonesia (KPDI) dan kemudian dipilih durian terenak.

Durian yang menjadi jawara dalam kontes ini akan kembali diperjualbelikan kepada pengunjung untuk mereka dapat merasakan rasa dari durian terenak tersebut. Begitu pula untuk durian lain dari kedelapan daerah yang hanya menjadi kandidat dalam kontes tersebut.

Tentunya durian-durian pilihan ini dihargai dengan harga khusus karena memiliki kualitas yang sudah teruji oleh pakarnya.     

Khusus untuk buah durian dengan ukuran yang super akan dilelang kepada para pengunjung. Pelelangan durian super akan dilakukan setiap akhir Minggu yaitu setiap hari Jumat pukul 19.30 WIB dan hari Minggu pukul 17.00 WIB selama acara berlangsung.

"Tidak hanya ukurannya yang super, rasanya juga tidak kalah dengan durian ukuran biasa," ungkap Medy Suteja selaku General Manager SMS.

Selain berburu buah durian, pengunjung juga dapat berburu bibit tanaman mulai dari bibit pohon durian dengan berbagai jenis hingga bibit buah-buahan seperti buah jambu, alpukat, kelengkeng, salak madu yang dibandrol mulai harga Rp 250.000 - Rp 500.000.

Bibit durian yang ditawarkan juga berasal dari beberapa daerah tersohor sebagai penghasil durian kualitas terpercaya sehingga pengunjung dapat menanam durian sesuai dengan selera. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com