Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Menikmati Kota Modern Rotterdam

Kompas.com - 21/05/2016, 13:21 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

ROTTERDAM, KOMPAS.com - Pernah luluh lantak dalam Perang Dunia II menjadikan Rotterdam kehilangan banyak sekali bangunan tua dan bersejarah.

Hal ini juga lah yang menjadikan Rotterdam memiliki wajah perkotaan yang lebih futuristik dibandingkan kota-kota lain di Belanda.

Tidak heran jika Rotterdam menjadi salah satu kota tujuan saat KompasTravel dan 11 jurnalis lainnya diundang oleh Netherlands Board of Tourism and Convention (NBTC) untuk menikmati pariwisata di Belanda selama sepekan.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Kemegahan Jembatan Erasmus di Rotterdam, Belanda. Jembatan sepanjang 802 meter ini merupakan salah satu bangunan ikonik di Rotterdam.
"Banyak bangunan yang hancur saat Perang Dunia II, karena itu jangan heran jika kalian nanti melihat banyak bangunan baru dengan arsitektur yang unik di Rotterdam. Kota ini merupakan salah satu kota modern di Belanda," kata Kim Heinen yang mendampingi kami selama berada di Rotterdam.

Jembatan Erasmus menjadi salah satu bangunan ikonik yang membentang di atas Sungai Nieuew Maas yang membelah kota Rotterdam. Jembatan baja sepanjang 802 meter ini dapat diangkat ketika ada kapal besar yang ingin melintas di bawahnya.

Selain dilewati mobil dan pesepeda, jembatan yang sekilas seperti jembatan Barelang di Batam ini juga dilewati oleh trem.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Bangunan Kubuswoningen di kawasan Blaak, Rotterdam, Belanda. Bangunan ini merupakan bangunan ikonik di Rotterdam.
Belum habis menikmati keindahan jembatan Erasmus, KompasTravel disuguhkan oleh bangunan bernama Kubuswoningen. Seperti namanya, desain bangunan ini seperti kubus dijejer memanjang.

"Kebanyakan penduduk di Rotterdam menganggap desain bangunan ini adalah yang paling aneh di Rotterdam, tapi karena aneh itulah menjadikan Kubuswoningen ini sebagai salah satu bangunan ikonik dan terkenal di Rotterdam," kata Kim.

Persis di seberang Kubuswoningen, berdiri megah Markthal (Market Hall). Seperti namanya, bangunan yang beroperasi pada Oktober 2014 ini menjadi pusat pasar. Segala kebutuhan mulai dari bumbu dapur, makanan, hingga kebutuhan sehari-hari ada di tempat ini.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Sudut kota Rotterdam, Belanda. Pernah luluh lantak akibat Perang Dunia II, Rotterdam kini menjadi salah satu kota modern di Belanda.
Tertata dan ramah

Meskipun disebut sebagai kota modern dengan bangunan megah yang bersebaran, tidak menjadikan warga Rotterdam lupa bahwa kotanya adalah salah satu kota tujuan wisata di Belanda.

Alat transportasi umum dan sepeda tetap menjadi primadona di kota ini. Anda masih bisa melihat masih banyak orang yang memilih berjalan kaki, menggunakan sepeda, trem dan kereta cepat dibandingkan mobil. Sehingga kota ini ramah bagi wisatawan yang mengandalkan transportasi umum.

KompasTravel sempat menjajal kereta cepat di Rotterdam saat ingin kembali ke hotel di kawasan Wilhelminaplein dari Markthal.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Hiruk pikuk para pengguna kereta cepat di stasiun Wilhelminaplein, Rotterdam, Belanda.
Sempat kebingungan dengan jalur kereta, KompasTravel disapa seorang wanita muda bertanya apakah dia bisa membantu untuk menunjukkan jalur yang tepat. Tidak sampai 20 menit menggunakan kereta, KompasTravel sudah tiba di tujuan.

Sayang KompasTravel hanya berada satu hari di Rotterdam, dan harus melanjutkan perjalanan ke Amsterdam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com