Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gombal Asap Bersambal Sedap

Kompas.com - 21/05/2016, 15:42 WIB

BIARPUN kuliner Sunda kaya beragam santapan ikan tawar lezat, ikan laut jarang menjadi kegemaran di Bandung. Konon, ikan laut selalu terlalu amis bagi lidah urang Sunda. Namun, jurus nekat Gombal Asap ternyata bisa diminati urang Bandung.

Ikan asap adalah santapan populer di berbagai pesisir di Nusantara. Setiap daerah pesisir punya aroma dan rasa ikan asap berbeda, bergantung jenis kayu dan teknik pengasapan—teknik pengawetan yang jitu mengusir bau amis beragam jenis ikan laut.

Aroma dan kelezatan ikan pari asap Surabaya, misalnya, selalu berbeda dengan kenikmatan ikan cakalang asar Jayapura. Keunikan rasa itulah yang membuat ikan asap dan ikan asar kerap menjadi buah tangan yang dirindukan.

”Tapi, kami dag-dig-dug ketika mengawali bisnis kuliner ikan asap di Bandung. Bukan apa-apa, orang Bandung sangat sensitif terhadap bau amis ikan laut. Seperti cari perkara, kami menjual ikan laut di gunung,” tutur Cicilia Dewi Sartika, si nyonya dapur Gombal Asap, di Jalan Cibeunying Selatan, Bandung.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Suasana Warung Gombal Asap di Bandung, Jawa Barat.
Mei 2015 menjadi bulan pertaruhan Cicil dan suaminya, Dwi Cipta Indra Jaya. Jika warung Gombal Asap yang mereka mulai Februari 2015 gagal diminati konsumen dalam tenggat tiga bulan, warung itu harus tutup.

”Tiga bulan sudah cukup untuk menakar selera konsumen kuliner Bandung atas menu Gombal Asap alias sego (nasi) sambel berlauk aneka ikan laut yang diasap. Tapi, ternyata kami bisa bertahan sampai sekarang,” kata Indra tertawa.

Beragam ikan asap

Cicil dan Indra serius menggarap konsep baru Gombal Asap di Bandung. Di kawasan pesisir tempat ikan asap menjadi santapan populer, nyaris tak ada warung ikan asap yang menyediakan banyak jenis ikan asap.

Warung Sego Sambel Mbok Yeye di Pasar Wonokromo, Surabaya, misalnya, setiap malam diserbu ratusan pelanggan yang mengantre satu menu, ikan pari asap.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Ikan pari asap di Warung Gombal Asap, Bandung, Jawa Barat.
Di warungnya, Cicil dan Indra justru menawarkan berjenis-jenis ikan asap yang mereka datangkan langsung dari Probolinggo, Jawa Timur. Mulai dari filet ikan odul dan pari sampai asapan marmoyo, kakap, kerisi, putihan, hingga bawal. Gombal Asap juga menawarkan pilihan cara memasak, yaitu dipanggang atau digoreng.

Dag-dig-dug jurus nekat Cicil dan Indra baru terbayang ketika keduanya mulai sibuk memasak pesanan. Aroma menu-menu yang mereka masak memang tercium kuat.

Selera bersantap ”orang baru” sudah ditantang dan diuji ketika menu belum lagi tersaji. Yang menyukai aroma proses memasak ikan asap itu dijamin semakin lapar dan makin penasaran.

Aroma dari ikan asap memang cita rasa utama Gombal Asap. Seperti umumnya sajian ikan asap, Cicil dan Indra mengimbuhkan bumbu ketika memasak ikan goreng atau ikan panggang pesanan tamunya.

”Ikan asap, kan, diolah dengan diasapi kayu-kayu yang dipilih khusus karena memiliki aroma tertentu. Semua menu kami disajikan dari ikan asap terbaik buatan keluarga saya di Probolinggo, yang memadukan beberapa jenis kayu dan batok kelapa. Sayang jika cita rasa dan aroma ikan asap itu justru memudar karena terlalu banyak memainkan bumbu,” kata Indra.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Sambal matah khas warung ikan asap Gombal Asap di Kota Bandung, Jawa Barat.
Otak-atik sambal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com