Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau Selalu "Kebanjiran" Pembeli, Wajib Beli Oleh-oleh Tahu Susu Lembang

Kompas.com - 22/05/2016, 21:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Akhir pekan di Lembang, jangan lupa beli buah tangan. Salah satu oleh-oleh favorit adalah Tahu Susu Lembang yang lezat dan hangat.

Bicara soal buah tangan, tahu memang identik dengan Sumedang. Namun, Lembang punya tahu khas yang nikmat dan cocok untuk oleh-oleh. Namanya Tahu Susu dengan gerai terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat.

Sesuai namanya, Tahu Susu diolah dengan cara mencampurkan kedelai dengan susu murni. Oleh karena itulah rasanya menjadi lebih gurih, lebih lembut, dengan isian yang padat.

"Adonan tahu dicampur dengan susu. Tiga belas kilogram kedelai kita campur dengan empat liter susu murni," tutur Rahmat Hidayat (42), pengelola Tahu Susu Lembang kepada KompasTravel, Kamis (19/5/2016).

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Tahu Susu yang baru dibuat. Tiga belas kilogram kedelai kita campu dengan empat liter susu murni.
Sejak pertama dibuka pada 20 Desember 2008, pabrik Tahu Susu Lembang selalu kebanjiran pembeli. Ada dua jenis tahu yang dijual, yakni Tahu Susu dan Tahu Mentega. Sesuai namanya, Tahu Mentega tidak menggunakan susu melainkan margarin dan sedikit garam.

Pengunjung bisa membeli tahu susu yang masih mentah, atau yang sudah digoreng sehingga siap makan. Harga satu pak tahu susu mentah adalah Rp 25.000, sementara satu pak tahu mentega mentah Rp 30.000.

"Masing-masing isinya 10 buah, dikemas seperti bentuk brownies. Karena tidak pakai pengawet, jadi cuma tahan dua hari," tambah Rahmat.

KompasTravel pun mencicipi tahu susu yang sudah digoreng, dengan harga Rp 15.000 isi 10. Bagian luar yang crispy bercitarasa gurih meski tanpa tambahan penyedap. Sementara isinya, sangat lembut dan padat. Berbeda dengan Tahu Sumedang yang isinya 'kopong' dan kering.

"Di sini juga ada pasar makanan, jualannya macam-macam. Ada susu kedelai, batagor, dan makanan-makanan lain dengan bahan utama tahu susu," papar Rahmat.

Salah satu konsep unik dari Tahu Susu Lembang adalah adanya POM Tahu di bagian depan. Ini seperti bangunan pom bensin, hanya saja menjual tahu mentah dan susu kedelai untuk wisatawan drive thru. Dengan begitu, Anda tak perlu turun mobil untuk membeli tahu susu.

 

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI POM (Pusat Orang Makan) Tahu di gerai Tahu Susu Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

POM adalah singkatan dari Pusat Orang Makan. Konsep ini diaplikasikan oleh pemilik Tahu Susu Lembang, Ferry Tristianto agar wisatawan tak perlu buang banyak waktu untuk membeli oleh-oleh. 

Meski begitu, mayoritas turis lebih suka mampir langsung ke gerai untuk memilih dan membeli sendiri tahu hangat yang baru digoreng. Di area yang sama juga terdapat Rumah Sosis, yang dilengkapi area bermain untuk anak-anak.

Selain digoreng, Rahmat membuka rahasia, ada cara lain agar tahu susu nikmat dikonsumsi.

"Paling enak sebetulnya dikukus. Pada dasarnya tahu susu ini sudah direbus sebanyak dua kali, sehingga aman untuk langsung dikonsumsi. Jadi dengan hanya dikukus, rasa aslinya keluar. Sangat enak, mesti coba," papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com