Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Mulai Mendaki Gunung Guntur?

Kompas.com - 23/05/2016, 09:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Gunung Guntur adalah salah satu destinasi wisata pendakian di Kabupaten Garut, Jawa Barat, selain Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

Medan pendakian Gunung Guntur yang berketinggian 2.250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dikenal berat karena tak terlindungi pepohonan.

"Kalau Gunung Guntur terkenal gunung yang panas. Gak ada tempat berteduh. Misalnya naik siang itu panas," kata seorang pendaki gunung asal Garut, Rian saat ditemui di kaki Gunung Guntur, Kampung Citiis, Desa Pesawahan, Kecamatan Taragong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (22/5/2016).

Hal itu disepakati oleh pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam (58) dan warga Kampung Citiis, Toto. Keduanya menyebut, Gunung Guntur memiliki medan pendakian yang terbuka dan rawan terpapar sinar matahari.

Lalu kapankah waktu terbaik untuk memulai pendakian Gunung Guntur? Toto yang juga bekerja sebagai pemandu pendakian Gunung Guntur memberikan tips pendakian.

"Kalau bagusnya mah mulai naik 3-4 pagi. Bisa dapat matahari terbit," kata Toto kepada KompasTravel di kaki Gunung Guntur.

Ia menambahkan, waktu tersiang untuk memulai pendakian Gunung Guntur adalah pukul 06.00 WIB. Jam tersebut bisa dipilih agar tubuh bisa menyesuaikan paparan panas matahari.

"Kalau jalan 06.00, gak terlalu panas. Di tengah jalan kena panas, sudah terbiasa dulu," jelas Toto.

Selain mendaki pada dini hari, Toto merekomendasikan pendaki untuk mendaki pada sore hari pada pukul 15.00 dan 16.00 WIB. Pasalnya, matahari telah mulai condong ke barat dan tak terasa panas.

"Kalau mau jalan malam sih lebih enak. Lebih gak berasa jalannya tapi harus yang sudah mengerti jalur pendakiannya," ungkap Toto.

Pendakian akan melewati tiga pos sebelum mencapai puncak. Adapun tiga pos tersebut adalah Pos 1 Kampung Citiis, Pos 2 Air Terjun Citiis, dan Pos 3 Pamulangan. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 biasanya akan ditempuh dengan rata-rata waktu pendakian yakni satu jam. Dari Pos 2 menuju Puncak Gunung Guntur akan ditempuh dalam waktu 3-4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com