Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Beda, Aneka Hidangan Jepang sampai Mesir untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 23/05/2016, 20:01 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan, berbagai makanan khas mulai tajil untuk berbuka hingga kue untuk Lebaran disajikan di Hotel Borobudur Jakarta.

Dari tiga restoran yang ada di hotel tersebut, yaitu Bogor Cafe, Miyama, dan Teratai masing-masing mengeluarkan hidangan khas untuk perayaan Ramadhan tahun 2016 ini. Namun, uniknya hidangan tersebut tak melulu berasal dari Indonesia, Timur Tengah, atau negara-negara yang ramai merayakan momen bulan suci Ramadhan, melainkan kombinasinya.

Contohnya Miyama yang merupakan restoran Jepang, mengombinasikan cita rasa Jepang dengan Timur Tengah. Pengunjung dapat mencicipi mulai hidangan berbuka puasa yaitu tajil, kudamano, dan yasai salad.

Kemudian untuk hidangan utama ada Tori Daikon Oroshikake, Salmon Teriyaki, Rib-eye Beef Mini Ishiyaki Steak, hingga gidangan penutup Azuki Ice Cream dengan taburan kacang merah. Berbagai hidangan di Miyama tersebut bertajuk “Ramadhan Kareem” perpaduan citarasa Ramadhan Timur Tengah dan set menu Jepang.

Sedangkan dari Bogor cafe, Hotel Borobudur Jakarta menyediakan hidangan bertemakan “Sacredly Ramadhan Array”. Menu khusus Ramadhan ini menyajikan kombinasi berbagai pilihan hidangan khas Timur Tengah dan Afrika Utara, mulai dari Maroko, Libanon dan Mesir. Salah satunya fattoush, yang merupakan kumpulan salad segar yang diselimuti roti kebab tipis.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kue Khak, merupakan kue tradisional khas Mesir yang lazim disajikan saat berbagai perayaan terutama bulan suci Ramadhan.
Tak hanya hidangan, pengunjung pun dapat membawa kue khas Ramadhan dari Mesir yang bernama kue Kahk. Kue yang selintas mirip dengan putri salju ini memiliki citarasa khas Timur Tengah dengan aroma kayu manis dan esens mawar.

“Menyambut bulan Ramadhan kita mengkombinasikan berbagai hidangan khas Ramadhan di Timur Tengah dengan karekter resto-resto di Hotel Borobudur,” ujar Juliawati, Executive Marcomm Borobudur Hotel Jakarta, saat media gathering menjelang Ramadhan di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Berbagai menu tersebut dapat dinikmati sepanjang bulan Ramadhan mulai dari Rp 388.000 per orang untuk Bogor Cafe, Rp 485.000 per orang untuk Miyama Resto, dan Rp 388.000 per orang di Teratai Resto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com