Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata... Cukup Lewat Komik Anda Bisa Keliling Dunia!

Kompas.com - 27/05/2016, 09:11 WIB

KOMPAS.com - Sudah punya rencana berlibur? Punya rencana kemana, keliling dunia? Tahun ini atau tahun depan? Berapa bujet harus dikeluarkan untuk bervakansi di tiap negara?

Boleh jadi, beragam pertanyaan tersebut bakal muncul ketika Anda berencana berwisata ke luar negeri. Bervakansi merupakan salah satu cara rekreasi paling efektif dan digemari banyak orang. Meninggalkan sejenak rutinitas pekerjaan di kantor untuk melepas penat.

Namun, tentu saja, bervakansi akan lebih berkesan jika dilakukan dengan perencanaan matang. Karena memang, pada kenyataannya merencanakan bervakansi bukan perkara mudah.

Ya, banyak hal harus dipersiapkan. Ada beberapa hal penting wajib Anda ketahui sebelum berangkat bervakansi.

Paspor

Tanpa paspor Anda tidak mungkin bisa pergi ke luar negeri. Paspor merupakan identitas Anda saat bepergian ke luar negeri.

Reservasi kamar hotel

Anda berencana bervakansi ala backpaker dan tidak membuat rencana pasti? Boleh saja. Namun, sebaiknya Anda tetap membuat reservasi hotel. Ketika berada di negara asing, Anda sudah tidak pusing lagi memikirkan di mana Anda akan menginap.

Tukar uang

Menukar uang ke mata uang negara yang akan kita tuju adalah hal wajib. Tapi, ada baiknya penukaran uang dilakukan jauh-jauh hari mengingat nilai kurs sering berubah-ubah.Ini sangat penting karena berkaitan dengan perencanaan biaya perjalanan.

Informasi detail

Hal lain tidak kalah penting adalah mempelajari tentang negara yang akan dikunjungi dengan mencari informasi detail untuk memudahkan Anda saat berada di negara tujuan.

Ada banyak cara mempelajari dan mencari informasi detail tentang negara-negara yang akan dikunjungi, salah satunya melalui buku.

Komik edukasi serial “Komik Jelajah Dunia” yang diterbitkan Bhuana Ilmu Populer bisa menjadi salah satu cara mendapat informasi detail tentang satu negara. Pada seri Komik Jelajah Dunia: Spanyol terdapat infomasi detail tentang negara Spanyol. Mulai dari festival Spanyol, makanan Spanyol, bangunan di Spanyol, warisan dunia dari Spanyol dan lain-lain ada di sini.

Tiada hari tanpa festival di Spanyol. Dari kota besar sampai desa kecil, selalu menggelar festival yang khas.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com