Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Bun Cha, Mi Vietnam yang Dimakan Obama

Kompas.com - 28/05/2016, 13:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com —Melihat Barack Obama menyantap Bun Cha di Hanoi, Vietnam, membuat banyak orang penasaran akan rasa mi khas Vietnam ini, tak terkecuali KompasTravel. Oleh karena itu, KompasTravel sengaja mengunjungi restoran dengan menu khusus sajian Vietnam di Jakarta, yakni Do An yang bertempat di Epicentrum Walk, Jumat (27/5/2016).

(Baca: Presiden Obama Ditraktir Makan Mi di Warung Sederhana Hanoi)

Ditemani oleh Lea Joan, pemilik dari Do An, KompasTravel mencoba beberapa menu makanan dan tentu salah satu menunya adalah Bun Cha. Di Do An, Bun Cha termasuk sebagai hidangan main course atau makanan inti, dengan empat varian hidangan, yaitu Bun Bo Xao, Bun Bo Nuong Xa, Bun Ga Nuaong Xa, dan Bun Chao Tom. Saran KompasTravel, jangan fokus akan nama menu yang terdengar asing, fokuslah akan gambar dan keterangan di menu saat memesan. 

Pada gambar dalam menu, terlihat jika Bun Cha memiliki topping beragam, ada tumis daging sapi, sate sapi, sate ayam, dan udang gulung tebu. Selain daging sebagai sumber protein, dalam semangkuk Bun Cha juga ada sayur-sayuran, daun rempah (herbs), juga bihun. Sebagai pelengkap, ada saus Nouc Mam, saus cair berbasis kecap ikan bewarna merah.

Saat Bun Cha disajikan, KompasTravel cukup terkejut karena ternyata porsinya besar. Begitu meriah dengan isinya yang melimpah ruah dan warna isian yang ceria. Hijau dari selada, putih dari tauge, oranye dari wortel, dan merah dari saus Nouc Mam. 

Dok. Facebook Anthony Bourdain Presiden AS Barack Obama makan bun cha bersama Anthony Bourdain di warung makan sederhana di Hanoi, Vietnam.
Hal mengejutkan lainnya, ternyata Bun Cha ini kering, tak seperti foto Obama yang dihadapkan dengan mangkuk berisi kuah merah yang ternyata saus Nouc Mam. 

(Baca: Apa Istimewanya Bun Cha, Mi Dingin Vietnam yang Disantap Obama?)

Menurut Lea Joan, cara makan Bun Cha memang ada dua versi, yakni dicelupkan seperti cara makan Obama atau dituang sausnya seperti versi Do An. Soal rasa, salah besar jika Anda membayangkan Bun Cha seperti mi bihun pada umumnya yang tenggelam dalam kuah kaldu. Dari tekstur dan segi rasa, Bun Cha lebih mirip asinan sayur khas Indonesia.

Teksturnya garing karena begitu banyak campuran sayur, herbs, daging, dan lumpia. Sedangkan cita rasanya segar dengan rasa asam, manis, dan gurih. Jelas sudah mengapa Obama memilih makan Bun Cha sambil minum bir. Rasanya memang ringan dan segar sehingga cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan dan minuman. 

"Bun Cha ini favoritnya ibu-ibu kalau di Do An," ungkap Lea Joan.

Tak heran, karena porsi Bun Cha yang besar dan rasanya yang segar memang cocok untuk berbagi, seperti saat makan asinan sayur, makin seru saat berbagi. Di Do An, Bun Cha dijual dengan harga Rp 59.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com