Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Soto Mie Abeh Bogor, Pakai Isian Kroket yang "Kriuk" Banget

Kompas.com - 28/05/2016, 17:09 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Soto memang kuliner khas Indonesia, berbagai kota memiliki soto dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti Soto Betawi Jakarta, Soto Banjar di Banjarmasin, Bogor pun punya beberapa jenis soto, salah satunya Soto Mie Bogor. 

Kuliner berkuah panas tersebut menggunakan mi sebagai bahan utamanya. Mi yang digunakan adalah mi kuning yang terbuat dari tepung beras. Khas lainnya adalah isian soto berupa kroket semacam risoles tanpa tepung roti.

Kedua bahan tersebut dicampur dengan sayuran seperti tomat, lobak, dan kol. Selain itu bihun, potongan kikil dan daging sapi, juga tak lupa bawang goreng sebelum diguyur kaldu sapi panas.

Kuah panas dari kaldu sapi tersebut sebenarnya berwarna bening, namun tercampur bumbu dan minyak yang ada di mangkuk akan menjadi sedikit berwarna kuning. Untuk menambah kesegarannya tak lupa diberi perasan jeruk nipis.

Derasnya curah hujan di Bogor memang paling pas dinikmati bersama soto mi panas ini. Jenis soto ini termasuk mudah untuk dijumpai di kota hujan. Namun hanya beberapa yang menjadi juaranya alias paling diminati masyarakat.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Soto Mie khas Bogor, dapat ditemui di banyak tempat di kota hujan. Cirikhasnya menggunakan kroket goreng yang kering, sehingga menghasilkan citarasa renyah ketika dimakan.
Salah satu soto mi khas Bogor yang ramai dikunjungi ialah Soto Mie Abeh, yang memiliki lebih dari enam cabang di Bogor dan Cibubur. Salah satu yang menjadi ciri khas ialah kroket yang digunakan sangat “kriuk” dan besar, pembeli juga dapat menambah kroket tersebut.

KompasTravel pun sempat mencoba soto tersebut, selain kroketnya yang garing nan besar, kuah kaldunya yang segar dan dagingnya yang sama sekali tidak alot membuat pelanggannya setia untuk berkunjung ke sana.

Salah satu lokasinya yang merupakan kedai pertama terdapat di Ruko Perumahan Taman Yasmin, Sektor satu, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Bogor.

Deni, salah satu peracik soto di kedai tersebut mengatakan dahulu kedai tersebut dikelola oleh sang pelopor yaitu Pak Abeh sapaannya. Namun, kini berbagai cabang sudah dikelola oleh keluara dan kerabatnya.

“Tapi racikan bumbunya tetap satu dapur yaitu sama Pak Abeh langsung,” ujarnya kepada KompasTravel saat berkunjung mencicipi Soto Mie Abeh, Kamis (26/5/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kedai Soto Mie Abeh, salah satu soto mie khas Bogor yang tersohor. Saat ini (2016) sudah memiliki lebih dari enam cabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com