Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Lokasi Menikmati Wisata Kuliner di Kota Bogor

Kompas.com - 29/05/2016, 10:30 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

 

BOGOR, KOMPAS.com - Berkunjung ke Bogor memang belum “afdhol” jika belum mencicipi berbagai kulinernya yang memanjakan lidah. Berbagai kuliner yang harus Anda coba, tersebar di penjuru kota prabu Siliwangi tersebut.

Bagi Anda yang ingin memanjakan lidah dengan aneka kuliner di Bogor, cobalah referensi lokasi-lokasi tempat berkumpulnya kuliner-kuliner Bogor dari KompasTravel. Enam tempat tersebut termasuk yang paling banyak menyediakan pilihan kuliner, dan kerap diramaikan oleh pembeli baik hari kerja maupun akhir pekan. 

1. Jalan Suryakencana

Lokasi ini berada di sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, dekat dengan pintu utama Kebun Raya Bogor, dan Tugu Kujang. Jalan sepajang lebih kurang satu kilometer tersebut merupakan kawasan Pecinan Bogor. 

(BACA: Siraman Kuah Panas Laksa Bogor yang Menggugah Selera...)

Keberadaan berbagai kuliner disana sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Oleh karena itu, jalan ini merupakan “surganya” bagi wisatawan yang mencari makanan khas yang sudah eksis sejak puluhan tahun lalu. Sebut saja soto kuning, soto mie, bir kotjok, asinan, laksa dan sebagainya.

Berbagai kudapan disini lebih banyak menggunakan tenda, gerobak, atau biasa disebut “street food”. Walaupun begitu, kelezatan kuliner di daerah ini sudah tersohor ke berbagai kota. Terdapat pula ruko-ruko atau rumah kuliner nusantara, jepang, hingga restoran china peranakan.

(BACA: Hangatnya Bir Kotjok Bogor, Dijamin Tidak Mabuk! Mau Coba?)

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, baiknya Anda mengunjungi mulai pagi hari hingga sore hari. Karena setelah pukul 20.00 WIB mayoritas pedagang makanan sudah menutup kedainya.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kawasan kuliner ini berlokasi di sepanjang Jalan Raya Bangbarung Bogor, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara, Kota Bogor.
2. Jalan Raya Bangbarung

Kawasan kuliner ini berlokasi di sepanjang Jalan Raya Bangbarung Bogor, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara, Kota Bogor. Jika Anda keluar dari pintu tol Baranagsiang, arahkan kendaraan anda ke kiri atau Jalan Pajajaran, sekitar 15 menit dalam kondisi jalan lancar, anda langsung dapat berbelok ke Jalan Raya Bangbarung.

Berbagai kios makanan kekinian, hingga tradisional hadir di sini. Anda dapat memilih hidangan yang bervariasi, mulai sop durian, ayam kalasan, aneka bakso, dan berbagai kedai lainnya yang sudah terkenal kelezatannya di Bogor.

Ratusan penjual makanan di sini mayoritas menempati bangunan kios atau ruko, sehingga anda akan jarang sekali menemui tenda-tenda kuliner. Meski begitu, kawasan kuliner ini ramai mulai siang hingga malam hari.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kuliner yang berada di sepanjang jalan ini lebih bernuansa kekinian, seperi cafe-cafe es krim atau kopi nan cantik.
3. Jalan Pandu Raya

Tak jauh dari Jalan Raya Bangbarung, sama-sama berlokasi di Bogor Utara. Jalan ini dapat ditemukan setelah Anda melalui Jalan Bangbarung, maupun lewat alternatif lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com