Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serasa Mandi Bersama Alam, Datanglah ke Bendungan Kapuntori

Kompas.com - 29/05/2016, 11:41 WIB
Defriatno Neke

Penulis

TERIAKAN gembira anak-anak kecil terdengar jelas ketika sedang bermain di dalam kolam air yang berukuran besar. Beberapa orang dewasa terlihat asyik bercengkerama di bawah pohon besar sambil sesekali mengawasi anak kecil tersebut.

Kolam tersebut rupanya bendungan air untuk mengairi sawah-sawah yang berada di Kelurahan Watumotobe, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Bendungan tersebut pun disulap menjadi tempat wisata bagi warga sekitar.

Air bendungan tersebut memang terlihat jernih kehijauan akibat dari bayang-bayang pepohonan yang berada di sekitar air bendungan tersebut.

Menurut seorang warga sekitar, Kardin (40), air bendungan tersebut merupakan air yang berasal dari gunung.

“Ini dibuat seperti kolam yang besar, agar airnya dapat mengairi sawah-sawah yang berada di bawah. Namun banyak warga suka datang mandi berenang di sini, karena airnya dingin dan jernih. Ini air dari atas gunung yang mengalir dari mata air,” kata Kardin, Minggu (29/5/2016).

Di samping kolam air bendungan tersebut, terdapat beberapa gazebo yang dibangun sebagai tempat bernaung bagi para pengunjung yang datang menikmati air bendungan.

Seorang pengunjung, Wawan (30), asal Kota Baubau, mengaku sangat puas bisa dapat menikmati air bendungan di Kecamatan Kapuntori ini.

“Kalau dari Kota Baubau, jaraknya cukup lumayan jauh, hampir sejam. Tapi setelah mandi di sini rasanya sangat menyegarkan. Rasanya puas bisa mandi di sini,” kata Wawan.

Ia menambahkan, air bendungan ini tempatnya sangat bagus karena sangat alami dikelilingi dengan pepohonan yang besar.

Menurut Wawan, air bendungan tersebut merupakan permandian yang alami, karena bendungan tersebut menyatu dengan alam.

“Saya baru kali ini datang ke sini, tempatnya sangat natural dan alami. Jadi kita mandi seperti mandi tempat alam terbuka. Saya suka dengan permandian begini, seperti mandi bersama alam,” ucap Wawan.

Nah segera luangkan waktu Anda untuk dapat menikmati permandian air bendungan Kapuntori. Untuk masuk ke permandian ini tidak diterapkan pungutan retribusi kepada para pengunjung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com