Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau "Terpencil", Bhutan Ternyata Punya Banyak Hotel Bintang Lima

Kompas.com - 01/06/2016, 10:39 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terpencil dan terkesan tertutup, Bhutan bisa dibilang maju soal pariwisata. Buktinya, negara itu punya banyak hotel bintang lima.

Le Meridien adalah salah satunya. Merek hotel bintang lima dari jaringan hotel Starwood Hotels & Resorts Worldwide itu sudah ada di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu hotel mewah lainnya adalah Amankora, yang merupakan properti grup Aman Resort yang terkenal mewah.

"Kami punya banyak hotel bintang lima, terletak di berbagai wilayah. Amankora adalah salah satunya," tutur Key Account Manager Tourism Council of Bhutan, Thsering Pem dalam acara Travel Agent Seminar yang berlangsung di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Le Meridien sendiri terdapat di dua lokasi yakni Thimphu (ibu kota Bhutan) dan Paro (kota satelit Thimphu yang jadi lokasi bandara internasional). Selain itu, ada pula beberapa resor bintang lima lainnya dengan sentuhan asli Bhutan.

"Ada Uma Resort dan Taj Tashi yang berlokasi di Thimphu. Selain itu, ada pula Zhiwaling Hotel dan Lingkhar Lodge yang berlokasi di wilayah timur Bhutan nan eksotis," papar Pem.

Bhutan kini mulai mengincar turis Indonesia untuk berkunjung ke negaranya. Pada 2015, sebanyak 333 wisatawan asal Indonesia masuk ke Bhutan. Keaslian budaya dan tradisi menjadi daya tarik utama negara di Asia Selatan ini.

Kunjungan wisatawan ke Bhutan meningkat setiap tahunnya. Pada 2015, Bhutan dikunjungi sekitar 155.000 wisatawan. Pada tahun yang sama, ada 333 turis asal Indonesia yang berkunjung ke negara tersebut.

Meski sudah membuka diri, masuk ke dalam negara tersebut tak semudah turis asing masuk ke Indonesia. Wisatawan harus menggunakan travel agent asli Bhutan dengan tarif yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com