Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimeriahkan 1.200 Seniman, Ulun Danu Beratan Gelar Festival

Kompas.com - 04/06/2016, 16:43 WIB

TABANAN, KOMPAS.com - Daerah Tujuan Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan yang terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali akan kembali menggelar festival mulai bulan Juni hingga Agustus 2016.

Festival yang dibuka pada Minggu (5/6/2016) itu akan diikuti sekitar 1.200 seniman dari Tabanan dan 11 baleganjur dari Desa Pakraman di Kecamatan Baturiti.

Manajer DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika menyebutkan festival tersebut sebelumnya sudah diawali dengan kegiatan menggambar TK hingga SMP sejak tanggal 1 Juni 2016.

"Yang terlibat sekitar 1.200 seniman, dari Tabanan dan Kecamatan Baturiti. Hari ini juga diselenggarakan kegiatan lomba membuat gebogan, karangan bunga dan lomba penjor dari 18 sekaa teruna di Kecamatan Baturiti," katanya, Jumat (3/5/2016).

Mustika menyebutkan untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Bedugul, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kebun Raya Eka Karya Bali, Ashram di utara DWT Bedugul dan memanfaatkan lahan sebelah utara Kantor Desa Candikuning sebagai parker.

"Kami sudah koordinasikan, untuk kebun raya bisa digunakan jalan menuju kebun raya hingga area parkirnya untuk tempat kendaraan," jelasnya.

Selain itu, Mustika mengungkapkan jika kemacetan di wilayah Bedugul sempat menjadi perhatian dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Untuk itu pihak Manajemen DTW Ulun Danu Beratan sudah bersurat ke Dinas Perhubungan dan Polres Tabanan agar memantau kawasan Joger di Luwus sehingga saat pelaksanaan pembukaan festival lalu lintas berjalan lancar.

"Kami harapkan agar bus-bus di Joger bisa dikondisikan agar lalu lintas lancar, jangan sampai kondisi crowded seperti saat kedatangan Wapres Jusuf Kala," ujarnya.

Acara pembukaan akan diisi dengan parade baleganjur, pentas gebogan dan pentas barong sai. Pembukaan akan dilakukan mulai dari Taman Beji hingga wantilan DTW Ulun Danu Beratan. "Tidak mungkin kami laksanakan di jalan, karena kondisi lalu lintas padat," ujar I Wayan Mustika.

Setelah acara pembukaan, pelaksanaan festival akan diisi dengan pameran berupa produk UKM dan makanan serta setiap sabtu dan minggu akan ada hiburan seperti tarian Bali. "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan ke DTW Ulun Danu, yang per harinya mencapai 1.800 orang. Pada 2016 kami menargetkan 500 ribu kunjungan," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tabanan, I Wayan Adnyana mengapresiasi festival ketiga yang digelar DTW Ulun Danu Beratan, pihaknya berharap agar kegiatan tersebut bisa terus berlangsung.
 
"Kami harapkan agar bisa tetap dilaksanakan setiap tahun, semoga dengan pelaksanaan festival obyek wisata Ulun Danu semakin dikenal," jelasnya. (Tribun Bali/I Made Argawa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com