Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Koguna Menyimpan Pesona yang Sungguh Menawan

Kompas.com - 06/06/2016, 08:05 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON merupakan daerah kepulauan yang memiliki banyak pantai indah dan belum diketahui masyarakat luas. Seperti Pantai Koguna di Desa Mopaano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Jarak yang ditempuh untuk menuju ke pantai ini sekitar 80 kilometer atau 2 jam dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dari arah ibu kota Kabupaten Buton, Pasarwajo.

Walaupun jaraknya cukup jauh, namun begitu tiba, rasa capek pun langsung sirna setelah mata melihat pesona Pantai Koguna yang sungguh menawan.

Pantai Koguna mempunyai hamparan pasir putih yang membentang sepanjang sekitar 2 kilometer. Laut yang bersih dan biru, semakin menambah daya keindahan alam dipadukan dengan pohon cemara yang tumbuh membesar di atas pasir putih.

Sungguh cantik sekali. Beberapa anak kecil meluapkan kegembiraannya berlarian di atas pasir putih yang halus. Sebagian anak kecil lainnya terlihat asyik berenang sambil bercanda. Di tepi pantai terlihat beberapa orang dewasa duduk diatas pasir sambil tangannya memegang pasir putih.

Menurut seorang warga sekitar, Suhardin (38), saat ini Pantai Koguna telah menjadi salah satu tempat wisata yang sedang digenjot Pemerintah Kabupaten Buton. Sehingga banyak warga yang berdatangan untuk menikmati pantai tersebut.

“Orang-orang pemda banyak yang melakukan kerja bakti membersihkan pantai ini. Sekarang pantai ini selain dinikmati orang-orang desa sini, juga ada yang datang dari Kota Baubau, dan orang Wanci,” kata Suhardin, Minggu (5/6/2016).

KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKE Beberapa para wisatawan lokal terlihat mengabadikan pesona Pantai Koguna dalam kamera ponselnya. Pantai Koguna terletak di Desa Mopaano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.
Pantai Koguna sungguh menyimpan pesona yang indah. Beberapa pengunjung yang datang ke pantai ini langsung mengabadikannya ke dalam kamera ponselnya.

Seorang pengunjung asal Kelurahan Lingge-lingge, Kecamatan Pasarwajo, Wa Nayo (48), mengatakan, Pantai Koguna sangat cantik dengan pasirnya yang putih.

“Cantik sekali Pantai koguna. Rasa capek di mobil selama perjalanan tadi langsung terobati setelah melihat pantai ini,” ucap Wa Nayo.

Nah bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Buton, jangan lupa untuk datang menikmati Pantai Koguna yang sungguh menawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com