Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berolahraga Sembari Pelesiran, Thailand Tempatnya

Kompas.com - 08/06/2016, 22:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com – Senyum sumringah menghiasi wajah Kobkarn Wattanavrangkul saat menatap hadirin di salah satu ruangan besar di Chiang Mai International & Convention Center, Thailand, pada Rabu (8/6/2016) pagi itu.

Perempuan bertubuh langsing yang merupakan Menteri Olahraga dan Pariwisata Thailand itu memaparkan rencana negaranya menjadi destinasi perhelatan akbar olahraga dunia.

“Kami bangga memperkenalkan kepada masyarakat dunia sebagai destinasi olahraga,”  katanya.

Dalam paparannya, ada sepuluh cabang olahraga tingkat dunia yang bakal digelar di Negeri Gajah Putih itu. Sepuluh cabang olahraga itu masuk di dalam agenda kegiatan sepanjang 2016 sampai dengan 2017.

Rata-rata, penyelenggaraan kegiatan itu tersebar di seluruh penjuru Thailand. Bangkok, sebagai ibu kota sudah barang tentu mendapat giliran pertama.

Sementara, tempat-tempat wisata di Chiang Mai, Chiang Ray, Phuket, Kanchanaburi, Chonburi, Pattaya dan sebagainya juga mendapat jatah sebagai tuan rumah.

Untuk olahraga maraton, sepanjang dua tahun ini, ada sepuluh kegiatan. Penyelenggaraannya tersebar mulai dari Bangkok, Nongkhai, Phuket, Kanchanaburi, Chonburi Nakonratchasima dan sebagainya.

Berikutnya adalah triathlon. Olahraga yang merupakan gabungan dari tiga cabang olahraga yakni renang, bersepeda, dan lari itu punya sembilan agenda. Di Bangkok ada, di Prachuap Khiri Khan juga ada.

Kemudian, olahraga thai boxing disuguhkan dalam tiga agenda. Ketiganya adalah di Max Muay Thai, Lumpinee Boxing Stadium, dan Bangla Boxing Stadium.

Olahraga bola voli hanya ada satu agenda. Judulnya, FIVB Grand Prix 2016-Group 1 Final. Acara berlangsung pada 6-10 Juli 2016 di Bangkok.

Olahraga bersepeda punya enam acara kegiatan. Putaran pertama Track Cycling Championship Thailand Queen’s Cup 2016, misalnya, sudah dimulai pada 11-12 Juni tahun ini.

Kemudian, ada tiga penyelenggaraan olahraga golf. Thailand LPGA Masters 2016 menjadi penutup kegiatan pada 15-17 September 2016 di Bangkok.

Selanjutnya, olahraga bersepeda motor (moto sport) menawarkan tiga kegiatan. Ketiganya adalah Toyota Motorsport Fast Fun Fest, Thailand Super Series 2016, dan Asia Road Racing Championship 2016.

Lalu, ada juga satu kegiatan bertajuk Air Race 1 Race World Cup pada dua sesi penyelenggaraan yakni 16-20 September 2017 serta 23-27 September 2017. Lokasinya di Sattahip, Chonburi.

Satu kegiatan juga diselenggarakan oleh cabang olahraga jet ski. Judulnya G-Shock Jet Ski Pro Tour.

Paling bontot adalah kegiatan olahraga selam. Ada empat agenda yang digelar di berbagai lokasi seperti di Andaman, Suratthani, Koh Wai East, dan Chumphon.

Di antara sepuluh negara ASEAN, Thailand paling banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional. Jumlahnya rata-rata 30 juta orang per tahun. (Josephus Primus melaporkan dari Chiang Mai, Thailand)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com