Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tahun Terhenti, Garuda Kembali Terbangi Medan-Singapura

Kompas.com - 14/06/2016, 21:04 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Selasa (14/6/2016), Menteri Pariwisata Arief Yahya melepas penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Kualanamu, Medan. Ini merupakan reaktivasi atau re-operation rute lama, yang pernah diterbangi Garuda tahun 2002.

“Setelah 14 tahun stop, kali ini Garuda kembali melayani penerbangan rute Singapura-Medan (pp) 7 kali seminggu,” ungkap Menpar Arief Yahya di Bandara Changi, Singapura.

Menurut Arief, hal ini sejalan dengan status Danau Toba yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai satu dari "10 Bali Baru" atau destinasi prioritas di Indonesia.

Sebelumnya, Garuda membuka jalur penerbangan Jakarta-Silangit untuk mengakses Danau Toba sekaligus menjaring wisnus yang saat ini load factor-nya sudah mencapai 70 persen. Kini giliran Singapura-Kualanamu, sebagai jembatan udara dari hub Singapore menuju destinasi di Sumut itu.

“Singapura kami tempatkan sebagai hub transportasi internasional, sekaligus hub pariwisata bagi Indonesia. Singapura punya 1,5 juta ekspatriat, dan 15,5 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tahun 2015, wisman atau inbound terbesar ke Indonesia adalah Singapura, yakni 1,57 juta turis. Itu naik 3,47 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Yang masuk melalui Medan, baru 12.762 orang,” ungkap Arief Yahya, yang didampingi CEO PT Garuda Indonesia Arif Wibowo, Dubes RI untuk Singapura, I Gde Ngurah Swajaya dan Senior Advisor of Changi Airport Group, Woong Woon Liong.

TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADI Ratusan penari menampilkan Tor-Tor Cawan pada pembukaan Festival Danau Toba, di Kabupaten Samosir, Sumut, Minggu (8/9/2014).
Tahun 2016, lanjut Menpar, target naik 20 persen. Hingga 2019 nanti dipatok angka proyeksi dobel atau 100 persen dari capaian saat ini.

“Dalam empat bulan ini, jumlah wisman Singapura ada 479.716, dan Medan masih 3.976 orang. Kami yakin, penerbangan Garuda Singapura-Kuala Namu ini akan mempercepat pencapaian target itu,” ujar Arief dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar kepada KompasTravel.

Saat memberikan kata sambutan di Bandara Changi, Arief Yahya membahas seputar Toba, sebagai danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia. Danau Toba adalah kaldera raksasa, kawah yang terjadi akibat letusan super vulcano 74.000 tahun silam. Para ahli meyakini ledakan dahsyat gunung api Toba itu terbesar dalam 2 juta tahun terakhir, dan memicu badai vulkanik yang dramatis.

“Sebagai atraksi, Danau Toba adalah landscape alam berkelas dunia yang istimewa. Geopark yang sulit tertandingi, sangat cantik,” sebut Arief Yahya yang mengaku sudah 7 kali ke Sumut selama menjabat Menpar itu.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Menara pantau di kawasan Tele, Kabupaten Samosir, Jumat (22/7/2011). Di menara inilah tim Ekspedisi Cincin Api Kompas melakukan pemantauan Danau Toba kemudian melakukan perjalanan menyusuri jejak letusan supervolcano Toba. Ekspedisi di antaranya memetakan masalah geografi, sejarah dan masyarakat yang hidup di sekitar kawasan gunung berapi.
Untuk membuktikan keindahan Danau Toba, dalam penerbangan perdana Garuda Indonesia ini, Kemenpar sekaligus mempromosikan destinasi wisata Danau Toba dengan mengajak 4 jurnalis, 4 blogger asal Singapura untuk terbang dan melanjutkan perjalanan ke Sumut.

“Kami juga membawa 12 Tour Operator, dan Tour Agency untuk famtrip ke Kualanamu, agar mereka paham dan bisa menjelaskan detail keistimewaan Toba kepada komunitas dan pembacanya di Singapura," kata Rizky Handayani, Asdep Pemasaran ASEAN, Kemenpar.

Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo menjelaskan re-operation Singapore-Kualanamu ini memang didedikasikan untuk menjadi mengangkut wisatawan ke Sumut, dengan ikon Danau Toba. Rute ini sekaligus mendukung penerbangan panjang Garuda Jakarta – Amsterdam dan Jakarta – London yang transit melalui Changi Singapura.

“Kali ini rute SIN – KNO dibuka 1 kali sehari dengan jadwal keberangkatan dari Singapura pukul 11.15 dan dari Medan pukul 13.30,” kata Arif.

Rute Medan itu, sambung Arif Wibowo, juga untuk menghidupkan kawasan barat, yang menempatkan Kualanamu sebagai hub. Dari sana bisa menerbangi ke Sibolga, Sabang, sampai Silangit.

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Pembukaan penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Singapura-Medan di Bandara Kualanamu, Selasa (14/6/2016).
Tahun 2015 ini, rute SIN-KNO mengangkut sekitar 100.000 penumpang yang dilayani Silk Air (56 persen) dan Jetstar Asia (44 persen), di mana 70 persen merupakan penumpang dari Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com