Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bison Amerika Berbulu Pirang Lahir di Taman Safari Prigen

Kompas.com - 15/06/2016, 11:25 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Populasi Bison Amerika di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, bertambah. Itu, setelah induk yang bernama Nanduira melahirkan Kamis (2/6/2016).

Bayi bison yang belum diberi nama itu lahir dengan bobot 20 kilogram. Ia merupakan anak bison ketiga dari pasangan Nanduria dan Kiasulin. Kelahiran bayi bison amerika ini termasuk aneh karena lahir dengan bulu pirang.

"Uniknya anaknya ini lahir dengan rambut yang kekuningan," kata Marketing Communication Manager Taman Safari Indonesia II Prigen, Ashrully SY melalui keterangan tertulisnya kepada KompasTravel, Selasa (14/6/2016).

Ashrully menjelaskan, sebelumnya pasangan yang sama sudah melahirkan dua kali. Yakni Bison yang diberi nama Keysa dan Keyla. "Sebelumnya telah ada kakaknya terlebih dahulu yakni Keysa dan Keyla," katanya.

Sampai sejauh ini, pengelola Taman Safari belum memberikan nama karena penentuan nama masih dikompetisikan.

Bison amerika merupakan hewan yang hampir terancam punah dan tidak boleh diperdagangkan. Tersebar di wilayah Kanada dan Amerika Serikat bagian barat. Sementara di Meksiko diketahui sudah punah.

Hewan yang mampu hidup hingga usia 40 tahun di penangkaran itu menyukai jenis habitat padang rumput. Tapi juga dapat ditemukan di kawasan yang banyak pohon hingga semi gurun.

Meski memiliki badan yang besar, bison mampu berlari kencang hingga 60 kilometer per jam. Saat ini populasi bison di habitat aslinya masih cukup banyak. Yakni sekitar 15.000 individu dan relatif stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com