Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warung Es di Yogyakarta yang Cocok untuk Buka Puasa

Kompas.com - 15/06/2016, 17:04 WIB

SETELAH seharian menahan haus dan lapar, beragam jenis minuman segar sering kali menjadi menu wajib saat buka puasa. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman segar di Yogyakarta yang sangat cocok untuk buka puasa.

1. Es Buah PK

Warung es buah yang menempati tenda kaki lima dan terletak di jalan Pakuningratan, Cokrodiningrata, Jetis, Kota Yogyakarta ini merupakan warung es yang melegenda di Yogyakarta karena telah ada sejak tahun 1973.

Adalah Pak Karmio, yang pada tahun 1973 lalu mulai berjualan es buah. Saat pertama kali berjualan di jalan Pakuningratan. Makanya es buah ini diberi nama PK, sebagai singkatan dari Pakuningratan.

Es buah yang sanagat pas untuk buka puasa ini berisikan buah nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat, dan serutan es.

Yang spesial dari es buah PK adalah penggunaan sirup yang dibuat sendiri, sehingga manisnya pas.Rasa segar beragam buah tersebut sangat pas dinikmati bersama sirup yang manisnya pas, tidak berlebihan.

2. Dawet Pak Bardi

Dawet Pak Bardi yang berada pertigaan Sambiroto, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, wajib masuk daftar menu buka puasa

Menggunakan pikulan khas penjual tradisional, Pak Bardi menjajakan dawetnya di bawah pohon beringin besar yang berada di tengah pertigaan jalan.

Sama seperti dawet pada umumnya, segelas minuman ini berisikan dawet, santan, dan juruh (pemanis) yang terbuat dari gula jawa yang dicairkan.

Yang membuat dawet ini memiliki banyak penggemar adalah rasa yang dimilikinya. Dawetnya tidak lembek, berpadu dengan rasa santannya yang begitu gurih, dan manisnya pas. Bardi menjelaskan bahwa dawet yang dia buat terbuat dari tepung aren.

Meskipun warna dawetnya cenderung pucat, tetapi rasanya cukup istimewa dengan tekstur sedikit kenyal. Untuk juruh yang terbuat dari gula jawa cukup bentuknya cukup kental. Tidak hanya manis, juruh ini juga menambah citarasa gurih dalam setiap gelas dawet.

Jika ingin sensasi rasa yang lebih kaya pembeli bisa menambahkan tape ketan dalam setiap gelasnya. Untuk harga, segelas dawet ini hanya Rp 3.000 dan Rp 500 untuk tambahan tiap bungkus tapenya.

3. Es Dawet Pendawa

Di kawasan sekitar candi Prambanan, tepatnya di Jalan Yogya-Solo km 15, Bogem, Kalasan Sleman, Yogyakarta, terdapat penjual dawet yang sangat terkenal, dengan nama Dawet Pendawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com