Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif... Biar Libur Lebaran Tak Menyebalkan

Kompas.com - 21/06/2016, 12:42 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Libur lebaran dan sekolah pada tahun ini kembali berlangsung bersamaan. Apakah momen yang tak terjadi setiap tahun ini harus berantakan karena salah perkiraan dan kepadatan lokasi wisata? Butuh alternatif untuk liburan?

Pada libur lebaran tahun lalu, misalnya, Ardi bersama istri dan dua anaknya berlibur ke Pantai Kuta, Bali. Namun sayang, Pantai Kuta yang biasa nyaman mendadak berubah 180 derajat karena dipadati para wisatawan lokal. Alhasil liburan mereka pun jadi menyebalkan.

Karena sudah terlanjur berada di sana, Ardi dan keluarga mau tak mau berusaha menikmati susana berlibur. Mereka lalu menggelar tikar sebagai alas untuk berjemur di pinggir pantai yang teramat padat pengunjung.

Belakangan, Ardi menyadari ketidaknyamanan ini bermula dari perencanaan liburan yang asal jalan.

Anda juga bisa punya cerita serupa dengan Ardi. Tentu saja, Anda pun tak ingin mengulang kejadian tak nyaman begitu.

Seperti kesadaran Ardi, perencanaan adalah kata kuncinya. Di sini, perhitungan biaya dan peluang penghematan pun sudah tercakup di dalamnya.

Mau alternatif?

Bila jadwal cuti sudah ditetapkan—menyesuaikan libur lebaran dan sekolah anak-anak—dan tak ada agenda mudik ke kampung halaman karena semua keluarga ada di Jakarta, berlibur ke luar negeri bisa jadi alternatif liburan.

Ya, berlibur ke sana akan memastikan Anda sekeluarga terhindar dari keramaian yang umumnya terjadi di obyek-obyek wisata lokal selama musim liburan lebaran.

Jika dana dan atau waktu liburan terbatas, alternatif berlibur ke kota-kota di Asia Tenggara seperti Singapura, Bangkok, Hanoi, dan Yangon bisa jadi pilihan.

Namun, bila punya dana berlebih, berlibur ke Hongkong, Jepang, atau bahkan ke kota-kota di Eropa seperti London dan Paris bisa menjadi alternatif.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk berlibur ke luar negeri selama libur lebaran:

1. Administrasi

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri pastikan Anda sekeluarga sudah mempunyai paspor dan visa. Paspor adalah dokumen dari negara asal untuk membuktikan kewarganegaraan seseorang di luar negeri.

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Fisik paspor seri B yang baru saja diedarkan di DKI Jakarta, hari ini, Kamis (27/11/2014).

Adapun visa adalah surat izin untuk memasuki negara tujuan. Kabar baiknya, sekarang tak semua negara masih mengharuskan warga asing yang berkunjung ke negaranya memiliki visa.

(Baca:Inilah Daftar Negara yang Bebas Visa Berkunjung ke Indonesia)

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com