Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran di Surabaya, Contek "Itinerary" Ini

Kompas.com - 27/06/2016, 13:40 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Surabaya punya banyak destinasi dan tempat wisata kuliner untuk disambangi libur Lebaran kali ini. Berikut itinerary yang bisa Anda contek saat mudik ke Kota Pahlawan nanti.

Jika pulang kampung ke Kota Pahlawan, tak ada salahnya menyambangi beberapa tempat wisata dan spot wisata kuliner. KompasTravel menghimpun itinerary libur Lebaran di Surabaya, Dengan estimasi 3 hari 2 malam.

HARI 1

1. House of Sampoerna

Usai sarapan, bertolaklah ke destinasi pertama yakni House of Sampoerna yang berlokasi di Taman Sampoerna No 6, Krembangan. Museum ini dibangun untuk mengabadikan proses pembuatan rokok dari warisan leluhur.

House of Sampoerna buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Bangunan aslinya merupakan panti asuhan milik Belanda, dibangun pada 1858. Di House of Sampoerna, Anda melihat 3.000-an wanita melinting rokok. Masing-masing bisa membuat 325 rokok per jam!

2. Zangrandi Ice Cream

Puas berkeliling museum, saatnya mencari yang "segar-segar" di Zangrandi Ice Cream. Inilah kedai es krim tertua di Surabaya, buka sejak 1930. Es krim di Zangrandi masih dibuat menggunakan metode tradisional.

Beberapa menu andalan Zangrandi Ice Cream adalah Noodle Ice Cream, Banana Split, Blue Island, dan Love Deal. Kedai es krim ini terletak di Jl Yos Sudarso No 15, Embong Kaliasin, Genteng dan buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Banana Split, salah satu menu favorit di kedai Es Krim Zangrandi
3. Masjid Agung Al Akbar

Jika cuaca dirasa terlalu panas, saatnya mencari destinasi yang adem. Bertolaklah ke Masjid Agung Al Akbar, sekaligus untuk beribadah dzuhur atau ashar.

Terletak di Jalan Masjid Al Akbar Timur No 1, Pagesangan, masjid ini adalah yang terbesar kedua se-Indonesia setelah Istiqlal. Peletakan batu pertama dilakukan oleh mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno.

Masjid ini memiliki kubah unik, berbentuk setengah telur. Mihrabnya pun merupakan yang terbesar di Indonesia. Lebih dari 2.000 tiang pancang jadi pondasi masjid ini.

4. Nasi Cumi Waspada

Bingung mencari makan malam? Bertolaklah ke Jalan Waspada, tepatnya di pintu samping Pasar Atom. Di sini terdapat Nasi Cumi Waspada yang buka 24 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com