Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi di Transportasi Umum Hongkong Efektif Gaet Wisatawan China

Kompas.com - 28/06/2016, 05:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Promosi pariwisata Indonesia di Hongkong dinilai akan efektif menggaet wisatawan China melalui iklan-iklan di moda transportasi umum. Hal itu lantaran transportasi umum di Hongkong menjadi pilihan utama bagi masyarakat setempat dan juga turis yang sedang berlibur di Hongkong.

"Warga Hongkong kalau bepergian selalu mengutamakan public transport. Nah, mobil pribadi itu pilihan pada saat hujan atau pada saat public transport ramai atau pada saat high season turis di Hongkong," kata Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hongkong, Chalief Akbar kepada KompasTravel di sela-sela acara Direct Promotion Wonderful Indonesia di Amoy Garden Plaza, Hongkong, beberapa waktu lalu.

Chalief menuturkan, pelayanan transportasi umum di Hongkong tergolong sangat bagus. Ia memberikan contoh seperti kereta dari Hongkong ke Shenzen, China yang selalu tersedia setiap 10-30 menit.

"Itu yang menggunakan moda transportasi di sana adalah turis-turis. Kemudian seperti di taksi atau bus, tram. Dan itu salah satu yang bisa kita manfaatkan dan halte," katanya.

Selain itu, menurut Chalief, jika ingin memasang iklan melalui media statis seperti billboard akan memakan biaya yang mahal. Ditambah dengan sarana promosi di Hongkong telah berbentuk elektronik.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Hongkong, Chalief Akbar saat ditemui di kantor KJRI di Causeway Bay, Hongkong, Jumat (17/6/2016).
"Perlu diingat juga bandara di Hongkong juga melayani 100 juta orang penumpang. Belum lagi juga di stasiun-stasiun," tambahnya.

Country Manager Visit Indonesia Tourism Organization (VITO), Ricky Tse, menambahkan, promosi pariwisata Indonesia bisa dilakukan melalui moda transportasi trem. Di Hongkong, menurut Ricky, jumlah trem yang beroperasi sekitar 200 kereta.

"Sekarang Indonesia di Hongkong sudah bagus. Kita harus promosi di Hongkong secara kontinu," ungkap Ricky kepada KompasTravel.

Acara promosi Wonderful Indonesia di Amoy Garden Plaza, Hongkong yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata berlangsung pada 18 hingga 19 Juni 2016. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Indonesia langsung ke masyarakat Hongkong.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata telah mengadakan kegiatan promosi Wonderful Indonesia di Mikiki Plaza, Hongkong pada 12-13 Maret 2016. Kemenpar juga mempromosikan wisata yacht kepada komunitas yachter di China, Shanghai, dan Hongkong mulai 15 Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com