Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kebun Binatang Keren di Singapura untuk Wisata Keluarga

Kompas.com - 29/06/2016, 20:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada salahnya memanfaatkan libur Lebaran kali ini untuk berwisata bersama keluarga. Singapura bisa jadi pilihan, banyak tempat wisata edukasi dan kebun binatang top yang bisa disambangi.

Bukan cuma satu, Singapura punya empat kebun binatang yang sekaligus menjadi kawasan konservasi. Keempatnya berada di bawah naungan Wildlife Reserves Singapore (WRS) yang terdiri dari Singapore Zoo, River Safari, Night Safari, dan Jurong Bird Park.

Keempatnya jadi destinasi wisata edukasi yang cocok didatangi bersama keluarga. Anak-anak pasti suka melihat aneka satwa liar serta bermain di berbagai wahana.

Mengutip buku panduan "Muslim Travellers Guide to Singapore", berikut empat kebun binatang keren yang bisa jadi referensi liburan bersama keluarga. 

Singapore Zoo

Singapore Zoo adalah kebun binatang yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Setiap tahunnya, sekitar 1,7 juta turis mendatangi kawasan konservasi ini.

Pengunjung bisa melihat kehidupan alam liar dari berbagai pelosok bumi. Mulai dari padang rumput Afrika tempat hidupnya singa, zebra, dan badak sampai lembah Ethiophia yang menjadi habitat koloni babon. Tak lupa, gurun Australia yang dihuni kawanan kanguru.

KOMPAS/DEDI MUHTADI Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa yang dilindungi di Singapore Zoo, Singapura. Tempat hidup satwa-satwa itu dibuat pada sepenggal hutan seperti habitat aslinya.

Singapore Zoo bisa diakses naik MRT dilanjutkan dengan bus gratis. Dari MRT Cho Chu Kang di North South Line, Anda bisa naik bus gratis nomor 927. Jika datang dari MRT Ang Mo Kio di North South Line, naiklah bus gratis nomor 138.

Sementara jika datang dari MRT Marsiling atau Woodlands di North South Line, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus gratis nomor 926 (hanya beroperasi pada Minggu dan hari libur).

Singapore Zoo buka setiap hari pukul 08.30-18.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya 32 dollar Singapura (dewasa) dan 21 dollar Singapura (anak-anak).

River Safari

Ini dia koleksi teranyar dari Wildlife Reserves Singapore. River Safari didesain menyerupai habitat beberapa sungai terkenal di dunia: Amazon, Mekong, Nil, Gangga, Congo, Mississippi, dan Yangtze.

Cara terbaik untuk menjelajahi tempat ini yaitu dengan River Safari Cruise. Koleksi satwa ikonik di River Safari adalah ikan lele raksasa yang hampir punah, dengan Sungai Mekong sebagai habitat aslinya. Ikan lele ini terdapat di akuarium air tawar terbesar di dunia.

YOURSINGAPORE.COM River Safari didesain menyerupai habitat beberapa sungai terkenal di dunia: Amazon, Mekong, Nil, Gangga, Congo, Mississippi, dan Yangtze.

Tempat ini terletak di antara Singapore Zoo dan Night Safari. Jangan lupa melihat panda nan menggemaskan bernama Kai Kai dan Jia Jia.

River Safari memiliki akses transportasi umum yang sama dengan Singapore Zoo. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 09.00-18.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya 28 dollar Singapura (dewasa) dan 18 dollar Singapura (anak-anak).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com