Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Liburan, Lihat "Feeding Time" Komodo di Ragunan

Kompas.com - 02/07/2016, 09:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berencana liburan bersama anak ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta pada libur Lebaran mendatang? Melihat satwa-satwa di Ragunan bisa jadi pilihan liburan sambil belajar bersama anak-anak.

Selain melihat satwa-satwa yang berada di dalam area kandang, jangan lupa untuk belajar bersama petugas Kebun Binatang Ragunan tentang makanan satwa. Anda bersama anak bisa menyaksikan petugas saat memberikan makanan (feeding time) untuk satwa-satwa yang ada di Ragunan.

"Atraksi feeding time ini bisa disaksikan oleh wisatawan. Feeding time-nya berjalan sekitar 10 menit untuk di area masing-masing kandang," kata Kepala Humas Ragunan, Wahyudi Bambang saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Jumat (1/7/2016) sore.

Ia menyebutkan, wisatawan bisa melihat feeding time satwa-satwa seperti gajah, buaya, komodo, jerapah, gorila, orang utan, dan burung pelikan. Sambil petugas Ragunan memberi makan satwa, Anda bisa berinteraksi dengan petugas dan juga belajar tentang makanan-makanan satwa di Ragunan.

"Untuk atraksinya ada yang setiap hari ada juga yang seminggu sekali. Burung pelikan misalnya jam 11 siang dan feeding time-nya satu kali sehari," katanya.

Namun, ungkap Wahyudi, wisatawan tidak diperkenankan untuk mencoba langsung atraksi feeding time tersebut. Hal itu lantaran pertimbangan efisiensi feeding time dan keamanan wisatawan.

"WIsatawan gak boleh ikutan memberi makanan di feeding time. Pernah kita coba ke gorila. Wisatawan melempar makanan tapi gak tepat ke gorilanya. Jadi makanannya terhambur begitu saja," ungkapnya.

Wahyudi berharap dengan adanya atraksi feeding time ini bisa menambah wawasan wisatawan terkait satwa-satwa yang ada di Ragunan. Selain itu, kegiatan feeding time memang sejalan dengan visi Ragunan yang memberikan edukasi kepada masyarakat.

Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 di Batavia (kini Jakarta) dengan nama “Planten en Dierentuin” di Jalan Cikini Raya tepat di atas tanah yang dihibahkan oleh pelukis ternama di Indonesia Raden Saleh. 

Ragunan pertama kali dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia). Taman Margasatwa Ragunan saat ini berlokasi di Jl. Harsono RM. Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta. Tiket masuk Ragunan yakni Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com