Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 9 Tips Ini Sebelum Naik Pesawat dari Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 02/07/2016, 16:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mudik naik pesawat melalui Bandara Soekarno Hatta, perhatikan hal-hal berikut ini.

Datang lebih awal. Pastikan Anda berangkat lebih cepat dari biasanya agar tiba di Bandara minimal tiga jam sebelum waktu boarding. Lebih baik menunggu lama di bandara daripada Anda tertinggal pesawat.

Anda memerlukan waktu lama untuk antrean check-in atau bagasi, karena ini sediakan waktu dua jam di counter check-in. Agar lebih menghemat waktu, pastikan Anda telah melalui online check-in terlebih dahulu. Usahakan berangkat pagi saat lalu lintas cenderung lebih sepi.

Unduh aplikasi mobile PT Angkasa Pura II

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui jadwal penerbangan beserta status real time, informasi toko dan restoran di dalam bandara, informasi transportasi ke bandara, hingga informasi lalu lintas.

Ketahui terminal keberangkatan

Penting agar Anda tahu terminal keberangkatan pesawat Anda. Sehingga tidak memakan waktu mencari-cari lokasi terminal yang dituju.

Simpan barang logam. Masuk ke Bandara Soekarno Hatta, Anda akan melewati beberapa kali pemeriksaan mengunakan detektor logam. Jadi barang seperti cincin dan ikat pinggang, sebaiknya simpan dalam plastik dan ditaruh dalam tas jinjing. Pakai setelah Anda sudah mencapai boarding room.

Kendaraan umum. Ada baiknya Anda naik kendaraan umum ke Bandara Soekarno Hatta. Pilihan naik damri lebih aman ketimbang membawa kendaraan pribadi. Sebab, Anda harus memikirkan parkir juga rekayasa lalu lintas.

Kendaraan pribadi. Anda bisa menginapkan mobil di Bandara. Tarifnya Rp 100.000 dan berlokasi di tempat tersendiri di luar terminal. Untuk parkir di dalam terminal yaitu parkir reguler, tarifnya lebih mahal, lebih dari Rp 250.000 per hari.

Bagasi. Pastikan barang berharga dibawa ke kabin. Barang yang dimasukan ke bagasi, baiknya dibungkus terlebih dahulu. Biaya wrapping sebesar Rp 50.000. Cek pula batas berat bagasi yang diperkenankan oleh maskapai penerbangan Anda.

Bawalah tas untuk ke kabin pesawat sesuai aturan ukuran yang berlaku. Jangan membawa barang berlebihan agar mempermudah Anda dalam melakukan perjalanan.

Bawa camilan. Untuk penerbangan domestik, bawalah air mineral sendiri juga makanan ringan. Apalagi jika Anda membawa anak-anak. Kedai dan restoran cenderung akan ramai, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan tempat makan.

Gadget dan power bank. Sebelum berangkat, isi penuh baterai untuk gadget Anda. Sehingga Anda tidak repot-repot mengisi baterai di bandara. Fasilitas pengisian baterai di Bandara Soekarno Hatta masih terbatas. Solusi lain adalah membawa power bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com