Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Es Teler dengan Es Campur

Kompas.com - 03/07/2016, 13:08 WIB

ES teler dan es campur menjadi menu yang tidak bisa ditolak saat cuaca panas atau saat berbuka puasa. Rasanya yang dapat melegakan tenggorokan, membuat banyak orang memilih untuk mengkonsumsinya. Namun, ternyata es teler dan es campur berbeda walaupun sekilas terlihat mirip.

Es Teler adalah minuman es yang berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu.

Selain itu, es teler juga bisa divariasikan dengan isi cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar. Dengan variasi isian es teler  tersebut, terkadang membuatnya menjadi sulit dibedakan dengan es campur.

Es teler diciptakan Tukiman Darmowijono, pedagang es campur dengan gerobak di Jalan Semarang, Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1980-an. Es campur kreasi Tukiman begitu enak sehingga anak-anak muda yang meminumnya mengaku keenakan seperti teler setelah mengkonsumsi.

Es kelapa muda bercampur dengan alpukat yang dijual Tukiman kemudian dikenal sebagai es teler. Lama kelamaan es teler Tukiman mulai dikenal dari mulut ke mulut, karena kenikmatannya.

Tribun Jogja/ Hamim Thohari Es Campur Pak Lantip
Sedangkan es campur terlihat mirip dengan es teler, hanya saja isinya lebih beragam. Secara umum, campuran isi es campur adalah blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu.

Beda daerah beda pula bahan isi yang digunakan dalam es campur. Di Medan, es campur berisi kacang merah, pacar cina, dan biji delima. Sedangkan, di Jakarta, es campur diberi tambahan daging buah kelapa dan tapai singkong.

Terlihat dari komposisi bahan isi yang digunakan, bahwa es teler dan es campur memiliki isi yang berbeda. Walaupun sekilas terlihat sama.

Keduanya sangat cocok dinikmati saat udara sedang panas, dan juga menjadi menu es favorit saat buka puasa di bulan Ramadhan. Dari keduanya, mana es yang jadi favorit Anda? Es teler atau es campur? (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com