Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik untuk Dapatkan "Early Check-in" dan "Late Check-out" di Hotel

Kompas.com - 03/07/2016, 14:11 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas hotel di Indonesia menerapkan waktu check in yakni pukul 14.00 dan check out pukul 12.00 keesokan harinya. Namun rupanya ada istilah early check in dan late check out. Apa itu?

Terkadang check in dan check out yang cukup ketat terkadang menyusahkan wisatawan. Misal, saat mereka tiba di destinasi tujuan pada pagi hari.

(Baca: Jam Berapa Kita "Check-in" dan "Check-out" di Hotel?)

Oleh karena itu, ada istilah early check-in dan late check-out. Early check in adalah ketika tamu masuk kamar hotel sebelum pukul 12.00. 

"Misal, pesawat kita datang pukul 7 pagi. Pada saat reservasi hotel, usahakan komunikasikan hal tersebut. Sertakan flight detail atau arrival time pada saat memesan kamar hotel. Kemudian minta early check in baik lewat internet atau telepon," papar T Marlene Danusutedjo, seorang marketing communications di hotel berbintang lima yang sudah malang melintang di dunia perhotelan selama 25 tahun, kepada KompasTravel.

Komunikasi kepada pihak hotel adalah hal terpenting jika Anda ingin early check in. Dengan begitu, meski belum pukul 14.00, Anda bisa langsung bertolak ke hotel dan beristirahat. Namun, bisa atau tidaknya early check in bergantung pada okupansi hotel pada hari Anda menginap.

Sama halnya dengan late check out, ketika Anda keluar kamar hotel setelah pukul 12.00. Misal, di hari tersebut Anda ikut half day tour dan tak sempat packing pagi harinya. Mintalah kepada resepsonis untuk late check out.

"Biasanya dikasih kelonggaran waktu hingga satu jam. Tapi kembali lagi, bergantung pada okupansi hotelnya," tambah Marlene.

Lalu bagaimana jika hotel yang bersangkutan tidak mengabulkan permintaan early check in ataupun late check out? Tenang, Anda bisa menitipkan barang bawaan ke concierge sampai waktu yang ditentukan.

Misal Anda datang ke kota tujuan pukul 08.00. Sambil menunggu waktu check in yakni pukul 14.00, Anda bisa datang ke hotel untuk menitipkan barang bawaan.

"Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk sarapan, jalan-jalan," tutur Marlene.

Hal serupa juga bisa dilakukan jika Anda tidak mendapatkan late check out. Titipkan saja barang di concierge dan habiskan waktu jalan-jalan di destinasi Anda sebelum pulang.

Di Bali, beberapa hotel menyediakan fasilitas untuk Anda yang early check in atau late check out. Hal tersebut diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Cok Ace.

"Ada beberapa hotel yang menyediakan ruangan sendiri, lengkap dengan shower untuk yang check in lebih cepat atau check out lebih lama. Ada juga yang menerapkan biaya sendiri. Tergantung masing-masing hotelnya," tambahnya.

Ada beberapa hal yang menentukan bisa atau tidaknya Anda mendapatkan kedua fasilitas tersebut dari hotel. Pertama, soal low season dan peak season.

"Biasanya kalau peak season, hotel tidak bisa menyediakan early check in ataupun late check out. Jadi kemungkinan akan lebih besar jika low season," papar Cok Ace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com