Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Habiskan Delapan Kambing, Ini Rahasia Kenikmatan Tengkleng Mbak Diah

Kompas.com - 04/07/2016, 10:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Tanyalah pada masyarakat Solo, apa saja kuliner yang mereka rekomendasikan bagi para wisatawan. Bisa jadi tengkleng Mba Diah menjadi urutan teratas dari deretan kuliner Solo yang nikmat.

Tengkleng Mbak Diah memang sangat terkenal di Solo. Mbak Diah memulai usahanya sejak tahun 1993 dari tenda kaki lima hingga kemudian pindah ke kontrakan. Kini ia mampu membeli tanah, membangun restoran di Jalan Ir. Soekarno, Solo.

"Dulu karyawan saya hanya ada dua, sekarang ada 22," ungkap Mbak Diah yang Kompas Travel temui di restorannya, saat melakukan ekspedisi jalur mudik "Merapah Trans Jawa" Kompas.com, Kamis (30/6/2016).

Mbak Diah setiap harinya dapat mengolah satu kuintal daging beserta jeroan kambing. "Pakai lima puluh kepala kamping, sate-nya saja pakai daging delapan kambing," ungkap Mbak Diah.

Tengkleng Mbak Diah memang tersohor akan kelezatannya. Rasa daging dan jeroan sangat empuk, kuahnya memiliki cita rasa ringan, juga tak memiliki sensasi bau seperti kebanyakan olahan daging kambing. 

Silvita Agmasari Mbak Diah yang terkenal akan kelezatan masakan tengklengnya di Solo.

"Rahasianya apa Mbak?" ungkap saya penasaran dengan kelezatan rasa masakan Mbak Diah. "Rahasianya ya rahasia toh. Hahaha" ungkap Mbak Diah sambil tertawa.

Akhirnya Mbak Diah mau membocorkan sedikit rahasia dalam memasak tengkleng. Menurutnya daging kambing harus diolah dengan lama, minimal empat sampai lima jam.

Untuk bumbu, ia hampir menggunakan semua bumbu dapur. "Saya pakai semua bumbu dapur, kecuali kencur. Kira-kira ada 25 bumbu dapur di tengkleng ini," ungkap Mbak Diah.

Tak jarang banyak pengunjung yang memesan tengkleng Mba Diah sebagai oleh-oleh dari Solo. "Ini ada pesanan untuk dibawa ke Singapura. Kalau mau dibungkus bisa, kuahnya dipisah. Lalu isinya dibungkus daun pisang. Nanti bisa tahan sampai 12 jam," kata Mbak Diah.

Harga seporsi Tengkleng Mbak Diah adalah Rp 25.000. Jika ingin isian istimewa atau pesanan khusus harganya Rp 75.000.

Untuk arus mudik, rumah makan tengkleng Mbak Diah tetap buka, hanya pada hari pertama Lebaran tutup.

Kompas Video Makan Tengkleng dan Bebek di Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com