Mudik Lewat Garut, Mampir Dulu ke 5 Destinasi Ini - Kompas.com

Mudik Lewat Garut, Mampir Dulu ke 5 Destinasi Ini

Yosia Margaretta
Kompas.com - 04/07/2016, 15:00 WIB
ERISTO SUBYANDONO Rakit wisata yang menyeberangkan wisatawan ke Pulo Panjang di Situ Cangkuang, Garut, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Anda yang mudik ke daerah timur Jawa dan melewati Garut, tak ada salahnya mampir ke beberapa tempat wisata. Dari alam sampai kuliner, berikut daftarnya.

Jika mudik lewat Garut, Jawa Barat, Anda bisa menyambangi beberapa tempat seru untuk refreshing serta berwisata kuliner saat berbuka puasa. Dihimpun KompasTravel, Senin (4/7/2016), berikut 5 destinasi yang bisa disambangi saat mudik lewat Garut.

Candi Cangkuang

Candi Hindu ini terletak di Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Uniknya, candi Hindu yang diperkirakan peninggalan abad ke-8 ini terletak bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad. Dia adalah pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.

DISPARBUD.JABARPROV.GO.ID Candi Hindu ini terletak di Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Uniknya, candi Hindu yang diperkirakan peninggalan abad ke-8 ini terletak bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad.

Anda bisa memasuki candi ini dengan membayar tiket Rp 7.500 per orang.

Situ Cangkuang

Tidak jauh dari Candi Cangkuang, ada Situ Cangkuang yang cocok untuk refreshing dan beristirahat. Meski tidak sebesar danau lainnya, Situ Cangkuang cukup diminati wisatawan. Anda bisa naik rakit yang terbuat dari bambu. 

Mie Baso Mang Iko 

Mie Bakso Mang Iko yang terletak di Jalan Pasar Baru, Garut, adalah salah satu favorit warga Garut untuk berwisata kuliner. Bagi Anda yang tidak berpuasa, bakso nikmat ini juga bisa dinikmati saat santap siang. Harganya pun terjangkau, Rp 10.000 saja per porsinya. 

Awug Garut 

Selain dodol, Garut juga punya jajanan khas yakni Awug. Makanan ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa parut. Bahan yang sama juga digunakan untuk membuat Kue Putu. 

Tribunjabar/Isa Rian Fadilah Awug

Tak sulit mencari awug. Anda bisa menemukannya di pinggir jalan, dijajakan oleh pedagang kaki lima. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 3.000 untuk satu porsi awug dengan porsi besar.

Nasi Bakar Racik Desa

Rumah makan Racik Desa yang terletak di Jalan Otista bisa jadi tempat Anda berbuka puasa. Hidangan paling khas di tempat ini adalah Nasi Bakar khas Garut yang hanya bisa ditemui selama bulan Ramadhan.

Selain itu, ada pula Nasi Liwet yang jadi andalan rumah makan ini. Satu porsi nasi bakar dibanderol Rp 20.000. Cukup murah bukan?

PenulisYosia Margaretta
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM