Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Melepas Rindu di Acara "Diaspora Banyuwangi"

Kompas.com - 06/07/2016, 10:06 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengundang para perantau yang sedang mudik ke Banyuwang untuk melepas kangen dan bernostalgia bersama dalam acara Diaspora Banyuwangi.

Acara yang rencananya akan digelar pada Jumat (8/7/2016) jam 08.00 WIB di Pendopo Shaba Swagata Blambangan tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

“Kami undang semua diaspora (perantau yang tersebar di berbagai wilayah) yang sedang pulang ke kampung halaman untuk hadir di pendopo. Kita ingin mempererat tali persaudaraan antar warga Banyuwangi, meskipun mereka domisilinya saling berjauhan,” kata Anas.

Acara Diaspora Banyuwangi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013. Menurut Anas, biasanya yang hadir ratusan orang bukan hanya datang dari seluruh Indonesia tetapi termasuk mereka yang tinggal di luar negeri seperti Malaysia, Taiwan, Hongkong bahkan ada juga yang datang dari Amerika Latin.

Nantinya mereka akan menyaksikan kesenian khas Banyuwangi serta lagu lagu daerah Using yang lawas serta menikmati kuliner tradisional Banyuwangi yang jarang mereka temui.

"Semua orang bisa datang tanpa terkecuali dan ini salah satu cara untuk mengobati kerinduan mereka pada kampung halamannya serta menyambung silaturahmi," tambah Anas.

Ia menjelaskan, Diaspora Banyuwangi ini juga dijadikan ajang untuk berbagi pengalaman para perantau yang telah sukses di perantauannya masing-masing. Kisah sukses mereka diharapkan bisa menjadi motivasi bagi generasi penerus Banyuwangi agar tidak takut mengejar sukses meski jauh dari tanah kelahirannya.

“Membangun daerah itu penting. Tidak harus selalu berada di Banyuwangi, namun dari luar Banyuwangi pun kita tetap bisa berkontribusi untuk memajukan daerah. Minimal menciptakan image baik daerah asal kita. Itu berkontribusi sekali bagi suatu daerah,” pungkas Anas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com