Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Camilan Khas Lebaran, Mana Favorit Anda?

Kompas.com - 07/07/2016, 10:04 WIB

SUGUHAN saat Lebaran tidak hanya kue kering dan makanan berat, berupa ketupat beserta lauk pauknya. Ada beragam camilan khas Lebaran yang dapat Anda sajikan. Camilan tersebut bisa sebagai teman ngobrol bersama tamu dan sanak saudara. Mana favorit Anda?

Biji Ketapang

Camilan yang satu ini dibuat dari campuran tepung terigu dan kelapa. Bentuknya bulat kecil agak memanjang. Rasa Biji Ketapang gurih.

Dodol Betawi

Makanan manis nan legit ini biasanya disajikan sebagai camilan saat Lebaran. Dodol biasanya disajikan dengan cara dipotong-potong atau dibungkus menggunakan bungkusan permen.

Kacang Goreng

Kacang goreng adalah camilan yang paling mudah diolah, dan paling banyak digemari karena rasanya yang gurih. Kacang cukup digoreng hingga cokelat keemasan, rasa yang umum dari kacang goreng adalah asin dan bawang putih. Namun, kacang goreng juga bisa divariasikan dengan beragam rasa, agar lebih nikmat dan gurih.

Kacang Telur

Camilan ini sebenarnya dibuat dari kacang. Hanya saja, bedanya dari kacang goreng biasa adalah kacang pada Kacang Telur dibalut terlebih dahulu dengan adonan telur. Rasa Kacang Telur lebih gurih dibanding dengan kacang goreng biasa.

Kue Bawang

Kue ini dikenal juga dengan nama Keripik Bawang. Bentuknya beragam, ada yang berupa stik dan ada juga berbentuk tipis lebar. Kue berwarna cokelat keemasan ini memiliki tekstur berbintik, yang berasal dari cincangan daun seledri.

Kembang Goyang

Camilan yang satu ini susah-susah gampang untuk membuatnya. Cetakkan yang sudah dicelupkan ke dalam adonan kembang goyang, harus terus digoyangkan di dalam minyak panas hingga adonan tersebut lepas. Karena jika tidak digoyang dengan benar, tidak akan berbentuk seperti kembang.Perlu teknik dan keahlian untuk membuat camilan yang satu ini.

Kue Widaran Keju

Kue ini dikenal juga dengan nama kue telur gabus. Bentuknya mirip cabai rawit dengan warna putih kecokelatan. Tidak seperti kue lainnya yang dipanggang, Kue Widaran Keju diolah dengan cara digoreng.

Rengginang

Camilan yang satu ini dibuat dari beras ketan yang dicetak dan dikukus, lalu dikeringkan di bawah panas matahari. Beras ketan yang sudah kering, kemudian digoreng hingga garing. Rasanya tradisional dari Rengginang adalah rasa terasi.(SCI/SajianSedap.com/dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com