Maskapai Mana yang Paling Banyak "Delay" Saat Musim Mudik? Ini Daftarnya... - Kompas.com

Maskapai Mana yang Paling Banyak "Delay" Saat Musim Mudik? Ini Daftarnya...

Silvita Agmasari
Kompas.com - 07/07/2016, 12:03 WIB
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Antrean penumpang di depan counter check in Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (26/6/2016). Menjelang mudik Lebaran tahun 2016, penumpang mulai memenuhi penerbangan domestik Bandara Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - Mudik saat hari raya adalah tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai sarana transportasi dipilih, tak terkecuali menggunakan pesawat udara. Sayangnya, keinginan untuk cepat sampai ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara tak melulu mulus.

Ada maskapai penerbangan yang mengalami delay atau terlambat jadwal penerbangannya. Inilah data maskapai penerbangan Indonesia paling banyak delay, dari H-5 hingga H-2 Lebaran berdasarkan data On Time Performance (OTP) Penerbangan Keberangkatan Domestik Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluarkan oleh PT Angkasa Pura II.

(Baca juga: Menjelang Lebaran, Garuda Ranking Pertama "Delayed" di Soekarno-Hatta)

Urutan dimulai dari maskapai yang paling sedikit hingga paling sering delay:

1. Trigana Air
Mudik lebaran tahun 2016, maskapai penerbangan yang beroperasi sejak tahun 1991 ini tercatat hanya delay satu pernerbangan dari jadwal yang telah ditetapkan.

2. Kalsatar
Di bawah Trigana, ada maskapai Kalstar yang mayoritas penerbangannya menuju daerah di Kalimantan. Kalstar hanya delay dua penerbangan selama masa mudik ini.

3. AirAsia Extra
Selama masa mudik lebaran, maskapai yang berbasis di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali delay tiga penerbangan.

4. AirAsia
Sedangkan untuk maskapai AirAsia, selama masa mudik tercatat delay empat penerbangan dari jadwal yang ditentukan.

5. Batik Air
Anak perusahaan Lion Air yang beroperasi dari tahun 2013 ini tercatat mengalami delay sebanyak delapan penerbangan selama musim mudik tahun ini.

6. Citilink
Selama musim mudik, anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink tercatat delay 33 penerbangan dan terlambat kedatangan di Bandara Soekarno Hatta sebanyak 51 penerbangan.

7. Nam Air
Maskapai penerbangan anak perusahaan Sriwijaya Air ini delay dan terlambat datang ke Bandara Soekarno Hatta sebanyak 37 penerbangan saat musim mudik.

8. Lion Air
Tiga besar maskapai penerbangan yang paling banyak delay jatuh pada Lion Air, dengan 61 penerbangan yang terlambat. Sedangkan untuk keterlambatan kedatangan di Bandara Soekarno Hatta, Lion Air mengalami keterlambatan jadwal 84 penerbangan.

9. Sriwijaya Air
Peringkat kedua penerbangan paling banyak delay saat musim mudik adalah Sriwijaya Air dengan 63 keterlambatan jadwal penerbangan. Untuk keterlambatan jadwal kedatangan di Bandara Soekarno Hatta, Sriwijaya Air terlambat 84 penerbangan.

10. Garuda Indonesia
Peringkat pertama maskapai penerbangan yang paling banyak delay di musim mduik lebaran tahun 2016 ini adalah Garuda Indonesia. Tercatat ada 82 penerbangan Garuda Indonesia yang delayed saat H-5 sampai h-2 Lebaran tahun 2016.

Untuk keterlambatan jadwal kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, Garuda Indonesia juga menempati urutan pertama dengan total 88 delayed penerbangan. Rentang delayed yang dialami Garuda Indonesia juga paling banyak, yakni pada kurun kurun waktu 30 sampai 60 menit, yakni 60 penerbangan, 61 sampai 120 menit untuk 19 penerbangan, 121-180 menit untuk dua penerbangan, dan 181-240 menit untuk satu penerbangan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X