Selasa, 28 Maret 2017

Travel

TAG
  • #Bromo
  • #Ridho Rhoma
  • #Pramuka
  • #Adinda Thomas

6 Destinasi Wisata Pilihan Saat Mudik ke Tasikmalaya

DISPARBUD.JABARPROV.GO.ID Curug DengDeng berada di desa Tawang, kecamatan Cikatomas, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda pergi mudik ke daerah Jawa Barat khususnya Tasikmalaya, tidak ada salahnya untuk pergi wisata setelah silahturahmi dengan keluarga. Berikut ada 6 tempat wisata dan kuliner untuk refrensi Anda berwisata dengan keluarga.

Curug Dengdeng

Untuk Anda yang menyukai perjalanan offroad, perjalanan menuju Curug Dengdeng membutuhkan keahlian saat dalam perjalanan karena aksesnya yang belum terlalu bagus. Namun tenang saja, perjuangan itu akan terbayar ketika Anda akan disuguhi pemandangan alam yang nikmat. Semakin ke bawah Anda menyusuri, akan semakin indah pemandangan yang bisa terlihat.

Curug Dengdeng berada di Desa Tawang, kecamatan Cikatomas, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jangan lupa untuk melihat prakiraan cuaca di daerah tersebut agar perjalanan Anda tidak terhambat hujan dan uang Rp 2.000 untuk tiket masuknya per orang.

Kebun Teh Taraju

Saatnya menyegarkan matadengan datang ke hamparan perkebunan teh ini berikut dengan udara yang segar. Kebun teh ini terletak di Kabupaten Taraju yang memang terkenal dengan perkebunan teh. Kebun dapat Anda jalani mengunakan kendaraan pribadi ataupun jalan kaki.

Pada musim yang tepat, jika Anda datang pagi-pagi Anda masih dapat melihat ibu-ibu yang memetik daun teh. Pada saat matahari sudah muncul, ibu-ibu pemetik teh akan berkumpul dan mengolah daun teh tersebut. Di sini Anda juga bisa menikmati langsung hasil teh dari kebun.

Tonjong Canyon

Lokasinya ada di Tonjong Canyon, desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata ini wajib untuk Anda pecinta hiking. Di Tonjong Canyon, Anda akan melihat pemandangan indah dari Curug Tonjong itu sendiri. Selain itu, ada beberapa curug yang akan Anda temui juga di dalam Curug Tonjong.

Namun sebaiknya Anda membawa bekal untuk perjalanan Anda karena warung yang terdekat ada di ujung perjalanan Anda sedangkan di lokasi tidak ada warung. Untuk masuk ke tempat yang sering di sebut replika mini green canyon ini, Anda harus membayar sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000.

Bubur Ayam H. Zenal

Jangan bingung mencari sarapan di Tasikmalaya karena tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 244, Sekeloa, Coblog, Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat makan yang sudah buka sejak tahun 1970-an ini tidak pernah sepi pengunjung.

Seporsi bubur ayam bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 15.000 – Rp 20.000. Bubur yang disajikan memiliki cita rasa beras yang gurih dengan suwiran porsi ayam yang pasti membuat Anda ingin makan 1 porsi lagi.

Tug Tug Oncom

Tasikmalaya punya oncom andalannya. Oncom yang satu ini disajikan dengan nasi sehingga sering disebut Nasi T.O. atau Nasi Tug tug Oncom. Makanan ini dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar dan lebih nikmat lagi dimakan selagi hangat.

Banyak sekali yang menjual ini di Tasikmalaya salah satunya yang ada di Dadaha, samping kampus UPI Tasikmalaya. Untuk satu porsi Nasi T.O. dibanderol dengan harga Rp 3.000 dan gorengan Rp 500.

Seblak Teh Ineu

Makanan khas Tasikmalaya ini bisa Anda dapatkan di Kampung Sukarasa RT. 05 RW. 01, Desa Kurniabakti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Seblak ini dibuat sendiri oleh pemiliknya yaitu Ineu Siti sejak tahun 2014.

Walaupun lokasinya yang berada di pinggiran rel kereta, tempat ini tidak pernah sepi. Bahkan pembelinya diberika nomor antrian sampai 120 antrian. Untuk 1 porsi seblak dihargai Rp 6.000.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F