Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Oleh-oleh, Simak Tips Lengkap Ini Dulu...

Kompas.com - 10/07/2016, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Pada momen mudik dan libur Lebaran kali ini, sudah pasti kegiatan belanja oleh-oleh tidak terlewatkan. Jika Anda bingung memilih oleh-oleh sampai cara mengemasnya, berikut tips lengkap seputar belanja oleh-oleh.

Perencanaan

Jenis oleh-oleh apa yang akan Anda beli, makanan atau busana atau barang lainnya? Jika makanan, cek dulu tanggak kadaluarsanya. Selain itu, buatlah daftar siapa saja yang akan Anda beri oleh-oleh. Perencanaan lainnya bisa disimak di artikel berikut : "Sebelum Belanja Oleh-oleh, Perhatikan Hal Ini Dulu"

Jangan asal

Daripada oleh-oleh yang Anda belikan malah berujung jadi "sampah" atau pajangan berdebu yang tak pernah ditengok, pastikan beberapa petunjuk berikut: "Jangan Asal Belanja Oleh-oleh, Ini Tipsnya..."

Beli apa?

Ada cara cerdik untuk meningkatkan kualitas pembelian oleh-oleh. Mulai dari Jangan bawakan botol yang diisi dengan kerang-kerangan, pasir, atau bebatuan. Juga barang-barang lainnya seperti termuat dalam artikel ini : "15 Tips Membeli Oleh-oleh"

Cara mengemas

Tak jarang pulang ke kampung halaman membawa koper yang berat. Hal ini disebabkan kita harus membawa oleh-oleh untuk keluarga. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita mengemas oleh-oleh tersebut, seperti termuat dalam artikel ini: "5 Cara Mengemas Oleh-oleh Saat Mudik"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com