Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Liburan Malah Tidak Produktif di Kantor? Simak Cara Atasi "Post Vacation Blues"

Kompas.com - 12/07/2016, 17:41 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pada weekday kedua ini Anda masih merasa malas, melankolis, mengingat-ingat betapa serunya liburan kemarin, maka besar kemungkinan Anda terkena post vacation blues.

Banyak orang mengalami post vacation blues. Perasaan "berat" usai liburan panjang ketika mengingat file skripsi, tugas, atau tumpukan email pekerjaan. Belum lagi macetnya lalu lintas, serta rentetan agenda meeting yang harus dilakukan. 

Post vacation blues tidak bisa diremehkan. Selain menurukan produktivitas, hal tersebut juga bisa berdampak depresi jika dibiarkan dalam waktu lama. Hal tersebut diungkapkan Melinda Beck, penulis kolom kesehatan di situs berita Wall Street Journal.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi post vacation blues. Dihimpun KompasTravel, Selasa (12/7/2016), berikut daftarnya. 

Unggah foto ke sosial media

Saat traveling, janganlah Anda mengunggah foto terus-menerus di media sosial. Hal itu akan mengganggu agenda jalan-jalan Anda. Simpanlah beberapa foto untuk diunggah kemudian hari, di sela-sela waktu kerja saat ini misalnya. 

Hal itu diungkapkan Rita Anya Nara, penulis buku "The Anxious Traveler' seperti dikutip dari situs berita Huffington Post. Rita menegaskan, menggunggah fotodi media sosial akan membantu Anda melepas post vacation blues sedikit demi sedikit.

Olahraga

Mungkin Anda tidak menyadari, traveling membuat tubuh bergerak lebih banyak. Itulah mengapa Anda merasa lebih sehat dan fit saat jalan-jalan.

Oleh karena itu, imbangilah dengan berolahraga. Anda bisa mampir ke gym sebelum atau setelah jam kerja. Berolahraga di taman kota atau berenang juga bisa jadi pilihan.

"Digital detox"

Digital detox, alias mematikan semua jaringan internet pantas dilakukan begitu Anda mengalami post vacation blues. Namun, jangan sampai hal tersebut mengganggu pekerjaan Anda.

Mengutip situs berita New York Daily News, lakukanlah digital detox menjelang tidur. Nyalakanlah alarm pada jam manual jika memang perlu. Matikan ponsel dan semua gadget sehingga Anda terbebas dari "serangan" suara email. Urusan pekerjaan bisa dilanjutkan esok pagi, ketika Anda sudah benar-benar terbangun.

Istirahat lebih banyak

Saat bepergian, tubuh Anda cenderung aktif sehingga besar kemungkinan Anda beristirahat dengan maksimal. Saat hari kerja, olahraga diperlukan agar tubuh Anda tetap aktif. Istirahat pun menjadi lebih banyak dan efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com