Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kereta, Cara Murah Lakukan Perjalanan dari London ke Liverpool

Kompas.com - 13/07/2016, 11:00 WIB
Indra Akuntono

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Perjalanan menggunakan kereta di Inggris, seperti dari London menuju Liverpool sangat menyenangkan. Transportasi massal ini kerap dipilih karena tarifnya yang jauh lebih murah dibanding moda transportasi lainnya.

Walau murah, tetapi perjalanan menggunakan kereta tersebut sangat nyaman. Selain itu, penumpang dapat merasakan sensasi lebih dengan menikmati pemandangan pinggiran kota dari dalam kereta menuju "kota pelabuhan" tersebut.

Dari London perjalanan menuju Liverpool dapat menggunakan kereta dengan enam rangkaian gerbong, London Midland, di Stasiun Easton. Calon penumpang dapat memilih jenis kereta dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang diinginkan.

Pembelian tiket London Midland dapat dilakukan melalui mesin yang tersedia di Stasiun Easton. Ada mesin untuk penggunaan uang kertas dan koin, serta ada mesin khusus untuk melayani pembelian tiket dengan kartu kredit.

Indra Akuntono/kompas.com Calon penumpang antre menggunakan mesin pembelian tiket di Stasiun Easton, London, Senin (11/7/2016).
Untuk pembelian tiket dengan uang kertas, mesin tersebut dapat melayani uang pecahan 2 poundsterling, 5 poundsterling, dan 10 poundsterling. Jika ingin berhemat, penumpang dapat memilih paket perjalanan kereta dengan harga 31 poundsterling untuk kelas standar.

Tiket seharga itu sudah mencakup perjalanan tujuan London-Liverpool dan kembali ke London. Kereta tersebut berhenti di delapan stasiun. Di Stasiun Stafford, penumpang tujuan Liverpool harus turun dan berganti kereta menuju Stasiun Liverpool Lime Street.

Saat pergantian kereta itu, penumpang tidak perlu lagi membeli tiket. Waktu tempuh dari Stasiun Easton menuju Stasiun Stafford sekitar dua jam. Sedangkan waktu tempuh dari Stasiun Stafford menuju Stasiun Liverpool Lime Street juga sekitar dua jam.

Indra Akuntono/kompas.com Penumpang antre menaiki kereta London Midland, Senin (11/7/2016).
Ada kereta yang lebih cepat dari London Midland, tetapi harga tiketnya lebih mahal, sekitar 80 poundsterling hingga 100 poundsterling. Di Stafford, waktu transitnya sekitar 30 menit.

Waktu transit dapat dimanfaatkan untuk membeli bekal makanan dan minuman di beberapa toko yang berada di atas stasiun. Kenyamanan kereta London Midland saya rasakan di sela-sela menghadiri Farnborough Air Show atas undangan AirAsia Indonesia dan Tune Protect AirAsia Travel Insurance, di London, Senin (11/7/2016).

Di sepanjang perjalanan, penumpang dapat melihat bukit dan ladang pertanian yang terhampar luas. Peternakan domba dan kuda juga akan banyak ditemui dalam perjalanan tersebut.

Indra Akuntono/kompas.com Pemandangan lahan pertanian dari dalam kereta London Midland menuju Liverpool, Inggris, Senin (11/7/2016).
Saat langit sedang cerah, pemandangan di sepanjang perjalanan akan terlihat lebih menawan. Mata akan dimanjakan oleh paduan ladang pertanian yang sangat luas dan permukiman khas Eropa.

Kondisi di dalam kereta sangat bersih dan nyaman, meski penumpang harus berdiri jika tidak mendapatkan kursi. Setiap gerbong dilengkapi penyejuk ruangan dan memiliki kursi prioritas.

Toilet yang tersedia di dalam rangkaian kereta juga cukup bersih. Saat kereta memasuki Liverpool, pemandangan akan berubah. Di sini, akan terasa geliat Liverpool sebagai kota industri.

Indra Akuntono/kompas.com Suasana di dalam kereta London Midland tujuan Liverpool, Senin (11/7/2016).
Ada banyak destinasi wisata di Liverpool. Selain Stadion Anfield, ada juga Stadion Goodison Park yang menjadi markas klub sepak bola, Everton. Lalu, ada juga Museum of Liverpool dan The Beatles Story di Albert Dock.

Suasana di Albert Dock cocok untuk berfoto atau bersantai sambil menikmati indahnya pelabuhan yang diapit gedung dengan arsitektur khas Eropa. Hal penting yang harus dilakukan saat melancong ke Liverpool menggunakan kereta dari London adalah memperhatikan jadwal perjalanannya. Liverpool memang indah tetapi jangan sampai membuat terlena dan menyebabkan Anda tertinggal kereta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com