Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Segera Berikan Fasilitas Internet di Atas Pesawat

Kompas.com - 13/07/2016, 18:02 WIB
Indra Akuntono

Penulis

FARNBOROUGH, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia akan segera melengkapi fasilitas penerbangannya dengan internet dalam pesawat atau Wifi onboard.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan Telkomsel untuk mewujudkan hal itu. Ia meyakini fasilitas tersebut dapat dinikmati penumpang AirAsia Indonesia dalam waktu dekat.

"Saya belum tahu tanggal pastinya, tapi segera mungkin bakal diluncurkan," kata Tony, seusai menghadiri "World Airline Awards", di Farnborough International Airshow, Farnborough, Inggris, Selasa (12/7/2016).

Menurut Tony, AirAsia relatif sulit memberikan fasilitas Wifi onboard karena ada kebijakan dari pemerintah Indonesia yang mengharuskan maskapai menggandeng mitra lokal untuk menerapkan fasilitas tersebut.

"Tapi kami sedang mengupayakan dan dalam waktu dekat Anda bisa mengirim pesan BBM (BlackBerry Messenger) dari atas pesawat dengan tarif yang begitu murah," ujarnya.

Saat ini, layanan Wifi onboard dari AirAsia baru bisa didapatkan pada armada Malaysia AirAsia. Namun penumpang AirAsia tetap bisa menikmati layanan itu, pasalnya Malaysia AirAsia juga melayani rute dengan tujuan kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Layanan Wifi onbpard dalam armada AirAsia sudah dikembangkan sejak lima tahun yang lalu. AirAsia memutuskan untuk menggunakan peralatan Wifi yang dibuat sendiri, karena peralatan dari pihak ketiga dinilai terlalu mahal. Belum ada kepastian soal skema biaya tetapi AirAsia Indonesia berjanji akan memberikan fasilitas internet di atas pesawat dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com